AMD Kembali Hadirkan Kartu Grafis Radeon Vega Frontier Edition Untuk Kalangan Profesional

AMD Kembali Hadirkan Kartu Grafis Radeon Vega Frontier Edition Untuk Kalangan Profesional

BeritaTeknologi.com

Radeon Vega yang pernah diperkenalkan di awal tahun ini tampaknya kembali diulas oleh AMD dalam Frontier Edition pada 2017 Financial Analyst Day. AMD mengklaim kalau Radeon Vega Frontier Edition terbaru mendatang sebagai kartu grafis pertama di dunia yang ditujukan untuk kalangan pelopor AI (Artificial Intelligence), kreatif, dan juga sains.

Amd Radeon Vega Frontier edition main

Sebelumnya Nvidia baru saja mengumumkan Tesla V100 terbarunya yang didasarkan pada arsitektur Volta, jadi tidak mengherankan kalau AMD kali inipun kembali menghadirkan kartu grafis Frontier Edition terbarunya. GPU Vega menandai masuknya AMD ke kancah persaingan GPU desktop berkinerja tinggi, namun juga berfungsi sebagai platform untuk menembus pasar data center yang ada saat ini.

Amd Radeon Vega Frontier edition 01

GPU tersebut menawarkan keuntungan yang luar biasa dibandingkan kebanyakan bentuk komputasi lainnya. GPU Vega ini ditujukan untuk beban kerja pelatihan mesin, dan segmen data center dengan margin tinggi yang menawarkan pasar yang berkembang pesat dengan margin keuntungan yang menguntungkan.

Amd Radeon Vega Frontier edition 00

GPU Radeon Vega Frontier Edition ini dibekali dengan 64 Next-Generation Compute Units, yang telah dianugerahi AMD dengan moniker “nCU” karena mendukung tipe data baru, yang menampilkan 4.096 stream processors. AMD telah mengoptimalkan nCUs untuk clock yang lebih tinggi dan juga mengintegrasikan buffer instruksi yang lebih besar sesuai kebutuhannya.

Amd Radeon Vega Frontier edition 04a

Amd Radeon Vega Frontier edition 04b

Amd Radeon Vega Frontier edition 04c

Amd Radeon Vega Frontier edition 04d

Amd Radeon Vega Frontier edition 04e

AMD memberikan perkiraan spesifikasi kinerja sebesar 12,5 TFLOPS pada perhitungan presisi tunggal FP32 peak dan 25 TFLOPS perhitungan FP16 peak. Kartu grafis ini memiliki 16GB HBC (High Bandwidth Cache), yang merupakan istilah baru AMD untuk HBM (High Bandwidth Memory).

Amd Radeon Vega Frontier edition 03

Kartu grafis terbaru ini juga dilengkapi dengan dukungan untuk display 8K, dan dapat mengakses hingga 256TB memori virtual. Kapasitas sebesar itu berguna untuk memproses video dan algoritma pembelajaran yang mendalam. Tak hanya itu saja, tampaknya ada lapisan emas buatan tangan untuk setiap GPU yang ada, termasuk model cairan dan pendingin udara yang juga disediakan.

AMD sendiri tidak menyediakan banyak informasi baru di luar sorotan Vega yang diumumkan sebelumnya (EDIT – AMD berbagi beberapa data kinerja dasar di blognya), namun perusahaan tersebut memberikan gambaran kasar tentang Edisi Frontier yang baru:

  • Pembelajaran mesin. Bersama dengan AMD ROCm open software platform, Radeon Vega Frontier Edition memungkinkan pengembang memanfaatkan kekuatan Vega untuk pengembangan algoritma pembelajaran mesin. Edisi Frontier ini memberikan kinerja lebih dari 50 persen lebih banyak daripada mesin pembelajaran GPU yang paling kuat saat ini.
  • Visualisasi lanjutan. Edisi Frontier Radon Vega memberikan kinerja yang diperlukan untuk mendorong model yang semakin besar dan kompleks untuk visualisasi real-time, perenderan berbasis fisik dan realitas maya melalui fase perancangan dan juga fase pembuatan pengembangan produk.
  • Beban kerja VR. Radeon Vega Frontier Edition sangat ideal untuk pembuatan konten VR yang mendukung AMD LiquidVR technology untuk memberikan konten yang mencekam, kenyamanan visual dan kompatibilitas yang dibutuhkan untuk pengalaman VR generasi mendatang.
  • Alur kerja desain game yang merevolusi. Radeon Vega Frontier Edition menyederhanakan dan mempercepat penciptaan game dengan menyediakan satu GPU yang dioptimalkan untuk setiap tahap alur kerja pengembang game, mulai dari produksi aset sampai pengoptimalan bermain dan pengoptimalan kinerja.

AMD Radeon Vega Frontier Edition dijadwalkan bakal diluncurkan pada bulan Juni 2017 mendatang, namun sayangnya belum diketahui perihal informasi harga apapun dari pihak terkait sejauh ini.

Amd Radeon Vega Frontier edition 02

NO COMMENTS

Leave a Reply