AMD akhir-akhir ini memang menunjukkan taringnya di hadapan Intel, sang kompetitor utama di dunia prosesor. Melalui produk-produk dahsyat namun harga yang lebih terjangkau AMD kembali lagi membuat kejutan dengan mengumumkan prosesor generasi kedua dari Threadripper yang memiliki 32 core dan 64 thread yang dibuat dengan proses produksi 12nm yang berarti memberikan jumlah core dua kali lipat lebih banyak dibanding Threadripper generasi pertama dengan 16 core namun masih menggunakan arsitektur Zen+ yang sama.

Prosesor terbaru ini akan hadir dalam 2 varian CPU dengan 24 core/28 thread serta 32 core/64 thread. Walau belum jelas berapa tepat clock dari prosesor ini, namun AMD Threadripper kemungkinan akan memiliki frekuensi dasar 3Ghz sampai 3.4 Ghz dalam mode boost atau turbo.

Belum jelas berapa harga Amd Threadripper 2, namun seharusnya akan tetap lebih murah dibanding prosesor sekelas dari pesaingnya Intel. Perlu diketahui bahwa Amd Threadripper 1950X termahal dibanderol dengan harga 1000 USD sedangkan prosesor saingannya dari Intel dengan 18 core yaitu Core i9-7980XE memiliki harga 2000 USD.

Dengan jumlah core sebanyak itu, CPU dengan AMD Thread ripper 2 akan memerlukan daya 250 watt yang berarti lebih besar dibanding Threadripper generasi pertama dengan kebutuhan daya 180 watt sehingga diperlukan motherboard baru dengan dukungan chipset X399 dan jenis socket TR4 yang sama .

Rencananya prosesor terbaru AMD ini akan hadir di kuarter ketiga tahun 2018 ini, jadi bagi Anda penggila hardware yang canggih, siap-siap saja mengganti prosesor Anda yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here