Defense Advanced Research Project Agency atau disingkat DARPA terkenal sebagai salah satu lembaga penelitian Amerika yang mempunyai banyak proyek menarik. Dan kini, mereka pun baru saja mengungkapkan proyek terbarunya yang termasuk dalam program bernama Extreme Accuracy Tasked Ordnance atau disingkat EXACTO. Tujuan dari program ini adalah membuat sebuah peluru pintar yang bisa secara otomatis menemukan targetnya sendiri.

Proyek terbaru DARPA ini bahkan sudah dalam masa pengujian. Mereka mencobanya dengan menggunakan senjata rifle kaliber 50 mm. Dalam pengujian tersebut, peluru ini bisa menemukan targetnya dengan memanfaatkan sistem panduan optik. Dengan begitu, seorang sniper bisa menembak targetnya tanpa harus memperhitungkan faktor luar seperti kecepatan angin dan sebagainya.

sniper

 

Sebagai tambahan, DARPA pun telah mengunggah sebuah video yang memperlihatkan bagaimana sistem panduan yang dibangun untuk peluru ini bisa bekerja. Selanjutnya, mereka mengatakan kalau program ini akan terus mengalami perkembangan, terutama untuk meningkatkan daya jangkau dari sniper.

via Slashgear

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here