Jika pada tahun 1960 anak-anak bisa mencetak mainan mereka sendiri dengan menggunakan cairan plastik ke dalam cetakan logam, namun kini ada cara yang lebih asik dan lebih canggih. Ya, Mattel ThingMaker memang sudah lama bergelut pada bisnis mainan anak-anak, dan kini mereka memiliki printer 3D yang bisa membuat mainan kita sendiri.

Mattel ThingMaker
(Kredit: The Verge)

Printer 3D yang dimiliki ThingMaker ini dibanderol seharga $300 atau sekitar 4 juta Rupiah. Printer 3D ini dapat bekerja dengan aplikasi platform Android maupun iOS yang memungkinkan anak-anak atau mungkin orang dewasa untuk mengirimkan desain mainan dari perangkat ke printer secara nirkabel.

akrales_160213_0934_0352_A.0.0
(Kredit: The Verge)

Menurut laporan Toyland, aplikasi ThingMaker pada platform Android dan iOS datang dengan cetakan-cetakan yang beragam, termasuk cincin, kalung, kalajengking, dinosaurus, dan kerangka. Pengguna dapat membuat objek baru, dengan memodifikasi objek yang sudah tersedia secara default.

Printer 3D ini ditujukan khusus untuk anak-anak berusia rata-rata 13 tahun dan printer telah dilengkapi sistem keamanan yang menghindarkan anak-anak dari kecelakaan apapun. Penutup akan terkunci secara otomatis ketika printer sedang bekerja dan cartridge akan memendek dengan sendirinya ketika sedang tidak bekerja yang berguna bagi anak-anak yang ingin menyentuh bagian fital tersebut.

(Kredit: The Verge)
(Kredit: The Verge)

Mattel mengatakan ThingMaker akan bekerja dengan filamen standar, dan meskipun belum mengumumkan warna atau harga untuk setiap gulungan, perusahaan ini memamerkan banyak variasi di New York Toy Fair akhir pekan ini.

(Kredit: The Verge)
(Kredit: The Verge)

Menurut laporan USA Today, sebagai catatan bahwa menggunakan rata-rata 1 kg spool plastik, ThingMaker mampu membuat 20 patung atau mainan, dan 30 buah perhiasan, atau 100 cincin. Aplikasi untuk printer ini sudah tersedia di App Store dan Play Store, sedangkan untuk printer 3D tersedia di Amazon secara pre-order dan mulai dikirim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here