Di awal tahun 2013 ini, sistem operasi mulai menunjukkan perubahan. Android Gingerbread yang menjadi OS Android terpopuler, mulai mengalami penurunan. Jika sebelumnya mencapai prosentase sebesar 50 persen, kini angka tersebut turun menjadi 47.4 persen.

Dan, alasan penurunan penggunaan Android Gingerbread tersebut adalah Android Ice Cream Sandwich dan Android Jelly Bean. Pengguna Android ICS sendiri saat ini mencapai prosentase sebesar 29.1 persen. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari periode sebelumnya yang memperoleh prosentase 27.5 persen.

Peningkatan serupa juga terjadi pada OS Android Jelly Bean 4.1 dan 4.2. Pengguna Android Jelly Bean 4.1 mengalami kenaikan dari 5.9 persen menuju 9 persen. Sementara itu untuk Android Jelly Bean 4.2 naik dari 0.8 persen ke angka 1.2 persen. Dan, jika digabungkan secara keseluruhan, pemilik perangkat Android 4.x di dunia kini mencapai angka 39.1 persen.

Dengan semakin banyaknya perangkat Android Jelly Bean dan ICS yang dikeluarkan setiap harinya, tidak menutup kemungkinan jika Gingerbread tak lama lagi akan turun tahta. Ditambah, beberapa produsen juga menyediakan update ICS dan Jelly Bean kepada para konsumennya.

(Via Phonearena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here