Terkait statistik grafik pasaran Android dunia terbaru per Januari 2013 yang baru dirilis Google, mayoritas perangkat Android tampaknya masih mempercayakan dukungan sistemnya terhadap Gingerbread, diikuti oleh Ice Cream Sandwich dan kemudian baru Jelly Bean. Statistik grafik ini dibuat berdasarkan data terakhir pada tanggal 4 Februari 2013 yang lalu.

Selama bulan Januari 2013 saja, Android Jelly Bean menguasai 13,6% pasaran android dunia. Hal ini tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan Desember 2012 lalu yang hanya menguasai 6,7% saja. Pertumbuhan yang meningkat secara signifikan ini kemungkinan dipengaruhi karena semakin banyaknya perangkat android versi lama yang beralih atau memperbaharui dukungan sistemnya ke versi Android Jelly Bean ketimbang Ice Cream Sandwich ataupun Honeycomb.

Mayoritas perangkat Android di seluruh dunia tampaknya masih mempercayakan dukungan sistemnya kepada Gingerbread. Gingerbread sendiri sukses menguasai sekitar 45,6% dari pangsa pasar yang ada dan menduduki posisi teratas. Sedangkan Ice Cream Sandwich menguasai 29% pasaran android dunia dan menduduki posisi di bawah Gingerbread.

Honeycomb yang dioptimalkan untuk tablet pun mengalami penurunan pangsa pasar karena hanya mampu menguasai 1,3% saja. Hal ini mungkin karena perangkat Honeycomb saat ini banyak yang beralih atau diperbaharui ke Ice Cream Sandwich ataupun Jelly Bean.

Sedangkan selebihnya, perangkat Android di beberapa bagian dunia yang tampaknya masih tetap menjalankan Donut, Eclair ataupun Froyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here