Google CardBoard (Kredit: avid2000)

Tak hanya para manufaktur perangkat keras saja yang mulai mendukung penerapan virtual reality, karena para pengembang aplikasi Android akan dapat memanfaatkan kemampuan virtual reality (VR) pada Android N Developer Preview berikutnya. Pada rilis Android N Developer Preview kedua, telah ditemukan dukungan untuk memaksimalkan VR.

Google CardBoard (Kredit: avid2000)
Google CardBoard (Kredit: avid2000)

Seperti yang dilaporkan¬†The Verge, Senin (18/4/2016), pada versi terbaru Android N Developer Preview berisikan referensi untuk apikasi “VR Listener” dan “VR Helper”. Nantinya, kedua aplikasi ini dapat memungkinkan Anda menjalankan aplikasi pada mode virtual reality.

Namun sayangnya, belum jelas mengenai rincian dari mode VR ini, namun menurut laporan The Wall Street Journal bulan Februari lalu, Google akan meningkatkan kinerja dari virtual reality sehingga lebih lancar dan halus, termasuk peningkatan pada Google Cardboard. Namun detail dari hal tersebut, kemungkinan akan dibahas lebih lanjut pada ajang Google I/O yang berlangsung bulan Mei mendatang.

Salah satu kemungkinan yang ramai diperdebatkan pengembang mengenai preview terbaru ini adalah bagaimana agar aplikasi tidak terkunci saat perangkat diletakan di headset VR. Selain itu, Google juga dikabarkan akan merilis perangkat VR mandiri yang tidak bergantung pada PC maupun smartphone.

Fitur baru yang dibawa Android N saat ini termasuk 3D Touch sensitive pressure, split screen view untuk perangkat tablet, dan tambahan emoji baru. Saat ini Android N Developer Preview telah tersedia untuk beberapa perangkat Nexus dan tablet Pixel C, namun tidak direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here