OS Android 8.1 Developer Preview merupakan tempat untuk menguji coba fungsi dan fitur baru yang nantinya akan menjadi Stock Android selanjutnya, dan baru-baru ini diketahui ada fitur baru yang bernama detektor wakelock built-in. Adanya fitur baru tersebut berpotensi menghemat banyak baterai dengan mengidentifikasi dan menyoroti aplikasi mana saja yang mencegah perangkat untuk sleep deep.

Fitur ini akan menunjukkan aplikasi mana saja yang menyebabkan terlalu banyaknya konsumsi daya, dan aplikasi mana saja yang membuat perangkat tidak bisa masuk ke dalam mode deep sleep. Selain memberi tahu aplikasi mana yang melakukannya, fitur ini juga akan menyebutkan alasan pastinya mengapa aplikasi menggunakan banyak daya, aplikasi yang meminta lokasi terlalu sering, dimana perilaku aplikasi tersebut benar-benar menguras banyak daya.

Detektor wakelock ini dapat ditemukan di menu info baterai pada Pengaturan, di mana aplikasi yang memiliki perilaku boros akan mudah dikenali dengan tanda peringatan baterai merah. Mengetuk aplikasi yang ditandai akan melakukan tindakan untuk masing-masing aplikasi seperti menutupnya atau menonaktifkan layanan yang menyertainya.

Untuk saat ini memang sudah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan pengguna Android untuk mendeteksi aplikasi penguras baterai, namun akan lebih baik lagi jika kemampuan tersebut tertanam pada sistem operasi Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here