Android P 9.0 sudah tersedia, namun belum begitu banyak smartphone yang sudah menjalankan sistem operasi terbaru tersebut. Namun berkat informasi dari 9to5Google, kita bisa memperlajari beberapa rincian baru tentang versi Android selanjutnya. Hal yang paling jelas adalah, Android Q memang akan diberi nomor Android 10, sama seperti Android P adalah 9 dan Android O adalah 8.

Menariknya, Android Q akan membawa dukungan pengenalan wajah yang lebih rumit seperti Face ID secara bawaan, dan ini kemungkinan akan mengakomodasi sensor seperti kamera inframerah pada iPhone XS, dot proyektor, dan flood iluminator. Menu pengaturan pengenalan wajah akan mirip dengan pemindai sidik jari dan akan terpisah dari menu wajah tepercaya saat ini.

Selain itu, Android Q juga akan mendapatkan screen recorder bawaan, di mana hal tersebut adalah sesuatu yang sebelumnya bisa Anda dapatkan melalui aplikasi pihak ketiga. Ada opsi Darurat atau Emergency baru di menu daya, di samping opsi tangkapan layar, restart dan matikan.Opsi Darurat akan memungkinkan Anda mengakses dialer darurat, yang saat ini dapat diakses melalui tampilan lock screen.

Ada juga fitur baru yang bernama Sensor Privacy, di mana ini akan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan semua sensor. Sayangnya, tujuan dari fitur saat ini masih belum jelas fungsinya. Namun yang menarik, Android Q akhirnya akan mendapatkan dukungan Wi-Fi WPA3 dan jaringan 5G.

Google sendiri diharapkan untuk memperkenalkan Android Q selama konferensi Google I/O berlangsung pada awal Mei 2019 nanti dan perusahaan diharapkan untuk memperkenalkan semua fitur baru tersebut termasuk mode gelap seluruh sistem Android. Versi beta diharapkan tersedia saat pengumuman tersebut berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here