(Kredit: Gizmodo)

Fungsi dan fitur-fitur dari wearable seperti smartwatch kini mulai beragam dan semakin menarik saja. Jika dahulu wearable hanya dapat menerima dan melakukan panggilan karena terhubung dengan smartphone, kini kemampuan smartwatch telah berkembang dan telah mendukung jaringan seluler secara mandiri. Google sendiri telah mengumumkan bahwa Android Wear terbaru akan mendukung tambahan fitur dukungan jaringan seluler.

(Kredit: Gizmodo)
(Kredit: Gizmodo)

Smartwatch saat ini memiliki WiFi dan Bluetooth untuk menghubungkan ke smartphone, jika smartwatch berada lebih dari 10 meter dari smartphone, maka smartwatch yang telah mendukung jaringan seluler sendiri akan otomatis terhubung dengan jaringan seluler untuk mengkases beberapa informasi.

Dengan dukungan jaringan seluler secara mandiri, pengguna smartwatch tak hanya dapat mengakses internet saja, namun juga dapat melakukan panggilan menggunakan speaker atau headset Bluetooth. Tentunya dengan adanya fitur ini, smartwatch tak sepenuhnya lagi bergantung pada koneksi smartphone.

Namun wearable yang mendukung jaringan seluler secara mandiri saat ini belum banyak jumlahnya. Bahkan smartwatch keluaran dari Sony hingga saat ini belum ada yang mendukung jaringan 4G LTE. Namun dengan kehadiran dukungan 4G LTE dari Android Wear, kemungkinan para vendor akan memproduksi smartwatch yang mendukung jaringan seluler 4G LTE. Jenis smartwatch yang telah mendukung jaringan 4G LTE akan memakan energi yang cukup banyak, oleh sebab itu kapatisas bateria juga harus ditingkatkan.

Namun ada juga smartwatch yang saat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE, yakni LG Watch Urbane 2nd Edition LTE. Perangkat wearable ini akan mulai tersedia di padar Amerika Serikat melalui operator AT&T dan Verizon.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here