anglung

Bandung memang sarat akan inovasi. Awal bulan Maret ini Pemkot Bandung meluncurkan inovasi baru berupa kendaraan transportasi pariwisata yang dinamakan Angkutan Kota Keliling Bandung (Angklung). Angkot modern untuk pariwisata ini mempunyai fasilitas yang canggih, loh!

Angklung dilengkapi fasilitas yang menunjang aktivitas masyarakat Kota Bandung, seperti Wifi, AC, dan televisi untuk menghibur penumpang. Bahkan angkutan kota modern milik Pemkot Bandung ini direncanakan bakal menggunakan transaksi elektronik atau e-money beberapa waktu mendatang.

Ini merupakan langkah inovatif dari pemkot Bandung untuk membuat angkot menjadi relevan kembali. Salah satunya dengan menerapkan aturan poin to poin agar tidak “ngetem” dan berhenti di sembarang tempat serta memaksimalkan teknologi sebagai fasilitas penunjang kebutuhan penumpang.

“Rencana Pemerintah Kota Bandung ini sebagai bentuk angkot yang populer di kalangan masyarak dengan rute poin to poin dengan fasilitas yang lengkap. Sehingga masyarakat dapat membayar lebih mahal dari Rp 7.000 sampai Rp 12.000 sekali jalan,” ujar walikota Bandung yang akrab disapa kang Emil.

angotanglung

Walaupun lebih mahal dari angkot biasa beliau mengungkapkan bahwa ini akan menjadi upgrade dari sistem transportasi yang lama dan semoga akan lebih populer sehingga bisa merambah ke semua jenis transportasi umum lainnya. Semoga saja kota lain juga tertular dan bisa menampilkan fitur teknologi yang lebih inovatif di transportasi umum kota mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here