You are currently viewing Apa Saja Sih Fitur Baru Android Marshmallow?
Patung Android Marshmallow menghiasi halaman kantor Google di California

Sudah melihat patung icon Android yang baru? Ya Senin 17 Agustus lalu Google resmi merilis Android Marshmallow sebagai penerus Android Lollipop. Patung Android hijau dengan membawa sebuah marshmallow memang sudah menghiasi kantor utama Google di California, Amerika Serikat. Lalu fitur apa saja yang dibawa oleh Android versi 6.0 ini?

Patung Android Marshmallow menghiasi halaman kantor Google di California
Patung Android Marshmallow menghiasi halaman kantor Google di California

Google memang belum merilis secara resmi versi untuk konsumen, namun untuk versi preview final sudah ada link download-nya bagi para pengembang aplikasi.

Fitur-fitur baru yang dibawa Android M ini yang pertama adalah App Permisions, dengan fitur baru ini pengguna dapat menyesuaikan izin akses untuk tiap aplikasi, misal kita tidak ingin mengaktifkan izin kamera untuk aplikasi Whatsapp, maka aplikasi tersebut tidak akan mendapatkan izin untuk mengakses kamera.

Kemudian fitur berikutnya ada fitur Doze atau power saving, mungkin fitur ini sudah biasa namun fitur Doze pada Android M hadir lebih baik. Ketika ponsel berada dalam mode siaga (idle) yang cukup lama, sistem akan membawa ponsel ke dalam mode tidur yang lebih dalam. Tentu ini akan menambah waktu siaga yang lebih lama dan penggunaan baterai yang lebih irit.

Selanjutnya ada fitur Track Memory, fitur ini akan membatu pengguna untuk melihat aplikasi mana saja yang paling sering memakan memory besar. Dengan adanya fitur ini pengguna tidak perlu lagi menghapus aplikasi di recent apps, tentu ini membuat RAM semakin lega.

Lalu ada fitur Auto-backup, dengan fitur ini jika pengguna ingin berganti ponsel maka tidak perlu lagi mengatur ulang dari awal aplikasi yang pernah dipakai. Dengan fitur ini pengguna dapat menyimpan aplikasi yang sebelumnya ke Google Drive, namun dengan catatan ukuran file tidak lebih dari 25MB. Jika pengguna ingin mengembalikan pengaturan profil diponsel sebelumnya, pengguna hanya tinggal me-restore profil yang telah tersimpan.

Untuk tampilan memang tidak begitu banyak perubahan, dan fitur Now on Tap juga masih ada di Android Marshmallow ini. Tampilan boot animation mengalami pembaruan dan koleksi wallpaper juga bayak yang baru. Lalu ada juga cara cepat untuk masuk ke dalam System UI tuner.

Saat ini Android M hanya hanya tersedia dalam versi pengembangan, nantinya jika sudah dirilis versi konsumen akan memboyong fitur baru seperti native fingerprint support, Android Pay, Now on Tap, App Permissions dan lainnya.

Untuk melihat lebih jelas seperti apa tampilan Android Marshmallo, Anda dapat melihat video berikut.

Baca juga Mau Coba Android Marshmallow? Ini Cara Pasangnya?

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply