Sistem operasi mobile Windows Phone 7 besutan raksasa piranti lunak Microsoft yang baru diluncurkan pada tahun lalu, tampaknya diset hanya untuk browser kebanggaannya saja sejauh ini. Dan ini tampaknya tidak berlaku bagi keberadaan Firefox Mobile.

Selama setahun peluncurannya, Microsoft kabarnya berencana untuk menyediakan aplikasi mobile browser Internet Explorer 9 (IE9) kepada para pengguna Windows Phone 7. Namun dari apa yang akan dilakukan oleh Microsoft ini, boleh jadi IE9 merupakan satu-satunya browser terbaru yang akan bersanding dengan platform Windows Phone 7 tersebut.

Walaupun banyak penggunanya yang mungkin mengharapkan agar Mozilla Firefox juga bisa bersanding dengan keberadaan Windows Phone 7, tetapi hal tersebut kemungkinannya kecil sekali atau bahkan tidak ada sama sekali tampaknya. Ditambah lagi baru-baru ini pihak MIcrosoft juga telah menegaskan kalau pihaknya tidak berencana untuk membuat langkah tersebut.

Menurut sebuah artikel di blog OnSoftware, Jay Sullivan yang menjabat sebagai VP of Products di Mozilla Corporation juga menjelaskan kalau sejauh ini tidak ada Firefox Mobile yang akan direncanakan untuk platform mobile besutan Microsoft di masa yang akan datang.

“Saat ini Kami sedang memfokuskan pada Android dalam hal browser”, ungkap Jay Sullivan.

“Bagi platform lain Kami melakukan hal-hal seperti Firefox Home, sehingga Anda dapat menjalankan browser apapun dan dapatkan data Firefox Anda. Kami tidak bermaksud untuk membawa Firefox mobile ke Windows Phone 7 untuk saat ini”.

Minggu lalu, Mozilla baru saja telah merilis versi final mobile browser Firefox 4 untuk sistem operasi Android Google. Dan browser ini kabarnya juga dapat didownload dan diinstal pada perangkat yang berjalan dibawah Maemo (pada ponsel Nokia N900, untuk lebih tepatnya).

Pihak Mozilla tampaknya akan diset untuk meningkatkan kemampuan mobile browsernya yang ditawarkan kepada para penggunanya, beserta semua fitur dan add-ons yang tersedia untuk aplikasi adalah buktinya. Aplikasi ini dirilis dengan dukungan HTML 5, beserta dengan fitur-fitur lainnya seperti Awesome Bar, dukungan Firefox Sync, dan banyak lagi.

Meskipun demikian, sejauh ini sayangnya tidak ada yang akan membuatnya bersanding dengan keberadaan platform Windows Phone 7. Ya, sungguh mengejutkan, bukan!

Sementara itu, lain halnya dengan aplikasi mobile browser kebanggaan Microsoft yaitu Internet Explorer 9. Dengan dukungan HTML 5, terintegrasi dengan Silverlight dan beberapa fitur tambahan lainnya, tampaknya cukup mumpuni untuk membawa browser IE9 ini untuk dapat bersanding dengan platform mobile Windows Phone 7 dalam waktu dekat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here