(Kredit: Android Police)

Google selalu menguji satu atau dua hal kecil pada hasil pencarian mereka, namun kali ini merupakan peningkatan fitur yang cukup signifikan. Ya, aplikasi Google Now sebentar lagi akan dapat menginstal aplikasi Android dari hasil pencarian.

(Kredit: Android Police)
(Kredit: Android Police)

Normalnya, ketika kita melakukan pencarian sebuah aplikasi Android melalui Google Now, maka pada barisan pertama biasanya akan muncul rekomendasi menginstal aplikasi. Ketika kita menekan tombol tersebut, maka kita akan diarahkan ke Play Store untuk memulai menginstal aplikasi tersebut.

Namun nampaknya hal itu tak perlu dilalukan kembali, menurut laporan dari Android Police, Selasa (19/1/2016), dengan fitur baru yang dimiliki Google Now, pengguna tidak harus lagi menuju ke Play Store untuk menginstal aplikasi yang mereka cari, cukup melalui hasil pencarian dari aplikasi Google.

Fitur ini memungkinkan kita menginstal aplikasi langsung tanpa harus membuka Play Store. Ketika rekomendasi aplikasi muncul di bagian atas, saat tombol instal ditekan maka akan muncul sebuah pop-up penginstalan. Pop-up tersebut sama seperti saat kita hendak menginstal aplikasi dari Play Store. Sepertinya ini versi mini dari Play Store yang diintegrasikan pada aplikasi Google Now.

Selain itu, kabarnya fitur baru ini tidak datang untuk semua orang, hanya beberapa orang saja yang beruntung mendapatkan fitur ini. Diharapkan fitur tersebut bakal tersedia secara umum beberapa minggu mendatang. Menurut mereka, fitur baru ini sudah muncul sekitar satu bulan yang lalu untuk beberapa orang saja, dan sekarang lebih banyak orang yang mendapatkan fitur ini.

Fitur baru ini kemungkinan akan hanya berlaku pada aplikasi Google saja, sedangkan untuk Chrome yang memiliki hasil pencarian serupa dengan aplikasi Google tidak akan mendukung fitur tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here