kredit: François Beaufort

Para pengguna Chromebook kini bisa secara bebas menjalankan aplikasi Android melalui laptop kesayangannya. Aplikasi Android pun kini bisa dijalankan di perangkat Chrome OS dengan tanpa menggunakan aplikasi simulator. Dan laptop Chrome OS pertama yang mendukung fitur ini adalah Asus Chromebook Flip.

kredit: François Beaufort
kredit: François Beaufort

Bagi para pemilik Asus Chromebook Flip, bisa secara langsung mengunduh versi alpha Chrome OS 53. Setelah proses instalasi dilakukan, maka akan muncul ikon Google Play Store pada layar. Menurut pernyataan dari Google, Chrome OS 53 ini juga didesain untuk bisa digunakan pada Chromebook Pixel ataupun Acer Chromebook R11.

Untuk saat ini, Chromebook yang sudah mengunduh Chrome OS 53 bakal bisa beroperasi selayaknya Android 6.0.1. Sayangnya tak semua aplikasi Android bakal bisa dijalankan pada Chrome OS tersebut. Aplikasi yang bisa dijalankan hanyalah aplikasi yang didesain untuk tablet. Ada pula laporan yang mengungkapkan keberadaan bug terkait accelerometer dan game balap.

Google memang sudah cukup lama mengumumkan janjinya untuk bisa menghadirkan aplikasi Android kepada para pengguna Chromebook. Pernyataan untuk menghadirkan aplikasi Android pada Chrome OS ini diungkapkan pada tahun 2014. Selanjutnya, mereka pun mengumumkan keberadaan fitur ini pada konferensi Google I/O yang berlangsung pada Mei lalu.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here