Bukan rahasia lagi kalau Google Play dipenuhi dengan aplikasi malware ataupun aplikasi scam (penipuan). Namun bagaimana jadinya kalau salah satu aplikasi baru berbayar terbaik di Google Play ternyata salah satu dari aplikasi scam tersebut? Hal inilah yang baru-baru ini terjadi.

virus shield_1 virus shield_2 virus shield_3 virus shield_4

Dalam kategori aplikasi berbayar baru, software bernama Virus Shield tersebut berhasil menduduki posisi pertama. Appbrain pun bahkan mengungkapkan kalau aplikasi tersebut telah sudah berada di Google Play Store selama sekitar satu minggu. Dan dalam jangka tersebut, aplikasi ini telah diunduh hingga lebih dari 10 ribu kali dan nangkring di posisi pertama untuk kategori aplikasi baru berbayar terbaik.

Aplikasi ini dipasang di Google Play oleh sebuah developer bernama Deviant Solutions. Untuk mengunduh aplikasi ini, seorang pengguna perangkat Android harus membayar sebesar 3.99 USD atau hampir 45 ribu rupiah. Selain berada di posisi pertama untuk kategori aplikasi baru berbayar terbaik, Virus Shield ini juga menduduki posisi ketiga untuk kategori aplikasi berbayar secara keseluruhan.

Sayangnya, aplikasi ini bukanlah sebuah aplikasi yang berguna. Bukannya malah memberikan perlindungan, AndroidPolice menemukan bahwa Virus Shield ternyata tidak memberikan manfaat apapun. Bahkan mereka pun mengatakan kalau developer aplikasi ini telah dicekal di situs lain karena kasus penipuan.

Menanggapi adanya pemberitaan tidak mengenakkan ini, pihak Google pun kemudian melakukan aksi. Mereka pun kini sudah menghapus keberadaan aplikasi penipuan ini dari Google Play Store. Namun menilik kejadian ini, nampak begitu mudahnya para pengguna smartphone Android ditipu oleh para penipu.

via Android Police

1 COMMENT

  1. Wah parah, google play emang terkenal tidak memperhatikan kontenya -__- musti hati2, yang nemuin juga malah orang laen, bukan pihak google sendiri, hadeeeehhh….payah lah, udah kayak gak ada sistim penyaringanya google play ini, malware, app gak guna, penipu bisa masuk semua -__-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here