Fungsi utama sebuah ponsel memang untuk berkomunikasi, namun saat ini dengan semakin berkembangnya smartphone membuat fungsi dari gadget satu ini menjadi semakin beragam. Salah satu fungsi utama yang baru-baru ini diterapkan adalah fitur untuk membantu penyandang buta warna untuk membedakan kombinasi warna yang sulit bagi mereka.

binoculars

Meski saat ini telah banyak aplikasi yang dapat membantu penyadang buta-warna, namun Microsoft tak ingin kalah dalam persaingan, dimana mereka juga merilis aplikasi untuk membantu penyandang buta warna. Aplikasi tersebut bernama Binoculars yang dirancang untuk membantu para penyandang buta warna untuk membedakan spektrum warna yang lebih luas.

binoculars-sample2

Aplikasi ini seharusnya bermanfaat untuk siapa pun yang menderita tiga bentuk paling umum dari buta warna yakni protanomaly, deuteranomaly, dan tritanomaly. Aplikasi Binoculars sendiri dikembangkan oleh dua insinyur perangkat lunak dari Microsoft, dimana salah satunya juga menderita buta warna.

binoculars-sample1

Aplikasi ini menggunakan kamera smartphone untuk menyesuaikan warna secara real-time, membuat para pengguna lebih mudah dalam mengenali warna. Pada gambar yang ditampilkan layar smartphone, warna sesungguhnya akan dikoreksi, sehingga pengguna bisa membedakan warna sebuah objek.

binoculars-sample3

Dengan begitu, para pengguna aplikasi ini bisa memilih pakaian dengan warna yang cocok, memilih bunga dengan warna yang mereka inginkan, atau kegiatan lainnya yang sangat memerlukan pemilihan warna yang serasi. Sayangnya aplikasi ini masih terbatas tersedia untuk platform iOS saja, dan diharapkan Microsoft segera meluncurkannya untuk Android dan tentunya Windows.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here