Di beberapa negara di Asia seperti India dan Indonesia banyak sekali pengguna kendaraan roda dua atau sepeda motor, karena kendaraan ini dinilai lebih praktis dan lebih cepat untuk menuju ke alamat tujuan karena bisa menyela di kemacetan. Semetara Google Maps saat ini merupakan layanan peta digital terbaik untuk menunjukkan jalan, dan kebanyakan pengguna sepeda motor yang memanfaatkan Google Maps adalah ojek online.

Kabar baiknya kini Google Maps punya fitur baru untuk pengendara kendaraan roda dua, setidaknya saat ini fitur tersebut masih muncul di India. Munculnya fitur “motorcycle mode” ini tentu akan membuat perjalanan para pengendara sepeda motor menjadi lebih nyaman, karena mereka tidak harus mengikuti rute untuk kendaraan roda empat. Fitur baru ini bisa ditemui di pilihan berkendara, tepatnya di samping mode mobil dan kereta.

Tentu ketika pengguna memilih mode sepeda motor, jalur yang akan dipilikan oleh Google Maps akan berbeda dengan jalur ketika menggunakan mobil. Rute untuk kendaraan roda dua biasanya lebih pendek dan efisien karena bisa melewati jalur-jalur sempit. Terlebih lagi, fitur ini juga akan memberitahukan jika ada hambatan di jalan atau masalah parkir di dekat tempat tujuan Anda.

Fitur baru ini hadir pada aplikasi Google Maps versi 9.67.1, dan sayangnya untuk saat ini belum ada informasi wilayah mana saja yang akan mendapatkan fitur baru ini. Semoga Indonesia segera mendapatkan fitur baru ini, mengingat jumlah pengguna kendaraan roda dua di Indonesia sangat tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here