Nokia 5

Sejak hadir awal tahun 2017 ini, hingga kini Nokia masih meluncurkan tiga smartphone. Meski terkesan cukup lambat dalam meluncurkan smartphone baru, namun Nokia yang kini berada di bawah kendali HMD global tengah melakukan upaya ekspansi. Salah satu langkah ekspansi Nokia dimana mereka membuat aplikasi kamera milik smartphone Android miliknya, yang kini tersedia di Google Play Store.

(kredit: gizmochina)

Sayangnya, ini adalah UI kamera yang ada pada smartphone Android Nokia terbaru, bukan UI Lumia Camera yang baru-baru ini patennya telah ditransferkan oleh Microsoft ke HMD global. Tentu bagi pengguna smartphone Nokia 3, Nokia 4, dan Nokia 6 ini bukanlah hal yang istimewa karena pada dasarnya UI tersebut sama seperti yang ada pada perangkat tersebut.

Namun ada sisi keuntungannya, dimana pengguna smartphone Android Nokia tidak perlu menunggu update via OTA ketika mendapatkan pembaruan aplikasi kamera, karena mereka dapat mengunduhnya secara manual dari Play Store. Aplikasi ini juga bisa membantu pengembang aplikasi perangkat tambahan kamera yang mungkin ingin menguji aplikasinya menggunakan aplikasi ini. Sayanngya belum jelas apakah aplikasi ini bisa menjadi aplikasi kamera pihak ketiga untuk model smartphone lain.

Hadirnya aplikasi kamera milik Nokia di Google Play Store juga bertepatan dengan ekspansi pasar smartphone Nokia yang ketersediaannya saat ini sudah merambah pasar Asia, Eropa, Amerika Selatan, dan sebagian Afrika. Selain itu, HMD juga diharapkan segera menghadirkan Nokia 8 sebagai smartphone flagship untuk tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here