Samsung baru-baru telah merilis sebuah aplikasi untuk orang yang hidup dengan aphasia, yakni gangguan yang menyebabkan hilangnya kemampuan bahasa atau berbicara. Aplikasi tersebut bernama Wemogee, yang merupakan aplikasi chat berbasis emoji. Untuk mengembangkan aplikasi ini, Samsung menggandeng tim terapis bicara.

Samsung-Wemogee-Android

Wemogee memiliki library yang memuat lebih dari 140 frase yang berhubungan dengan kebutuhan dasar dan ekspresi emosi. Frase yang telah ditetapkan dijabarkan ke dalam urutan logis emoji dan dibagi menjadi enam kategori utama termasuk: kehidupan sehari-hari, makan dan minum, perasaan, membantu, kegiatan rekreasi, dan peringatan atau perayaan.

Pengguna yang menderita aphasia dapat memilih apa yang ingin mereka katakan dari daftar pilihan visual, dan aplikasi tersebut akan menerjemahkannya ke dalam teks untuk penerima yang tidak menderita aphasia. Pengguna non-aphasic akan menerima pesan dalam bentuk teks dan kemudian dapat menjawab menggunakan frase tekstual yang telah ditetapkan.

Samsung sendiri telah mengatakan jika lebih dari 200.000 orang di Italia menderita aphasia, dan tentu aplikasi ini dapat membantu mereka untuk berkomunikasi dengan non-aphasic. Aplikasi Wemogee sendiri tersedia untuk palatform Android dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store mulai tanggal 28 April mendatang. Untuk sementara ini, aplikasi Wemogee hanya mendukung bahasa Inggris dan bahasa Italia. Pengguna perangkat iOS juga akan segera mendapatkan aplikasi tersebut, setelah rilis untuk Android.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here