kredit: Volvo

Keberadaan sebuah smartphone bakal semakin penting dalam beberapa tahun mendatang. Terlebih fungsi sebuah smartphone kian berkembang. Bahkan saat ini, produsen mobil Volvo pun ingin menggantikan keberadaan kunci mobil dengan aplikasi smartphone. Rencana mobil tanpa kunci fisik ini pun bakal diwujudkan oleh Volvo pada tahun 2017 mendatang.

kredit: Volvo
kredit: Volvo

Produsen mobil asal Swedia itu siap untuk meluncurkan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai kunci digita. Volvo mengatakan kalau aplikasi ini bakal memberikan kemudahan bagi para pemilik mobil. Terlebih aplikasi yang memanfaatkan konektivitas Bluetooth ini bisa berguna untuk layanan car-sharing di masa depan.

Pemilik mobil pun tak perlu menyimpan banyak kunci dengan keberadaan aplikasi tersebut. Keberadaan aplikasi kunci digital dari Volvo tersebut memudahkan pemilik mobil untuk memberikan akses ke orang lain. Selain itu, pemberian akses kunci digital ini juga sangat mudah, cukup dengan mengirim pesan.

Sebagai langkah awal, penggunaan teknologi kunci digital ini bakal dipakai pada layanan car-sharing milik Volvo sendiri, yakni Sunfleet. Mobil-mobil yang ditempatkan di bandara Gothenburg Swedia bakal dilengkapi dengan kunci digital ini. Dan pada tahun mendatang, pihak Volvo akan menyediakan fitur kunci digital ini secara komersial dalam jumlah yang terbatas.

Mengenai keamanan aplikasi tersebut, pihak Volvo pun memberikan jaminan. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk memonitor posisi kendaraan dari jarak jauh. Dan meski merencanakan penggunaan kunci digital, Volvo masih terus melanjutkan keberadaan mobil dengan kunci fisik biasa.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here