Bicara soal layanan VPN (Virtual Private Network), sudah banyak sekali layanan VPN di luar sana yang mudah ditemukan, namun kebanyakan penyedia VPN mengharuskan pengguna untuk berlangganan. Sebagai perusahaan yang mengedepankan privasi pengguna, Opera telah meluncurkan aplikasi VPN gratis milik mereka sendiri untuk platform iOS dan Android. Dengan menginstal dan menjalankan aplikasi tersebut, pengguna tidak perlu khawatir dengan privasi mereka. Namun, sayangnya layanan VPN milik Opera akan segera berakhir.

Opera baru-baru ini telah memutuskan untuk menutup layanan VPN miliknya. Dalam pengumuman resmi di situs web Opera VPN, perusahaan telah mengungkapkan bahwa layanan tersebut akan berhenti beroperasi pada tanggal 30 April mendatang. Penutupan ini berlaku untuk kedua platform mobile Android dan iOS.

Namun bagi mereka pengguna Opera Gold, tidak perlu khawatir karena Opera telah mengumumkan bahwa pelanggan Opera Gold akan dapat menukarkan langganan gratis 1 tahun ke SurfEasy Ultra VPN, yang merupakan layanan VPN alternatif yang direkomendasikan Opera sebagai ganti dari layanan VPN miliknya.

Sementara bagi mereka yang bukan pelanggan Opera Gold, perusahaan juga menawarkan pilihan di mana pengguna dapat menikmati juga layanan SurfEasy Ultra VPN dengan mendapat diskon sebesar 80%. Meski tidak sepenuhnya gratis, namun potongan harga tersebut cukup menarik bagi mereka yang memang sangat membutuhkan layanan VPN.

Namun perlu dicatat bahwa penutupan layana VPN milik Opera ini hanya berlaku untuk versi mobile saja. Seperti yang kita ketahui, saat ini perusahaan juga menawarkan layanan VPN gratis untuk pengguna browser Opera di PC. Karena perusahaan tidak menyinggung layanan VPN di browser PC, tampaknya layanan tersebut akan terus berjalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here