Ketergantungan terhadap salah satu dukungan fitur atas keberadaan model produk iPhone dan iPad unggulannya selama ini tampaknya mulai membuat jengah juga raksasa teknologi Apple. Entah apa yang menyebabkan demikian, namun yang pasti baru-baru ini telah berhembus kabar yang menyebutkan kalau Apple saat ini tengah sibuk mempersiapkan model GPU terbaru rancangannya sendiri yang akan disematkan untuk sejumlah model produk iPhone dan iPad unggulannya mendatang.

apple GPU own
Kabar mengejutkan ini muncul tentunya bukan karena tidak beralasan sama sekali, mengingat keberadaan kabar tersebut muncul sebagai rentetan kabar cukup mengejutkan lainnya yang menyebutkan kalau dalam waktu dua tahun ini Apple akan segera memutuskan kerja sama pentingnya dengan pabrikan Chip asal Inggris, Imagination Technologies, yang notabene dikenal sebagai salah satu pemasok utama untuk GPU PowerVR yang kerap digunakan pada berbagai model iPhone dan iPad andalannya selama ini.

Ketika mulai membuat pertama kali iPhone pun, Apple kerap menggunakan dukungan fitur generik yang mengkolaborasikan sistem ARM buatan Samsung dengan GPU PowerVR tersebut. Namun seiring berjalannya waktu,  Apple tampaknya mulai menginovasinya lebih dari silikon miliknya sendiri. Alhasil inovasi PowerVR di A10 Fusion inilah yang sayang Apple sendiri tidak memiliki kontrol di dalamnya.

Keputusan untuk menyingkirkan Imagination Technologies itu mungkin tak terelakkan mengingat tren perusahaan Apple terhadap kontrol tidak ada sama sekali. Sementara itu, analis pihak ketiga Linley Grup tampaknya juga membenarkan bahwasanya iPhone 7 menggunakan GPU PowerVR GT7600 yang sama dengan apa yang digunakan untuk iPhone 6S sehingga keberadaan fitur ini kemungkinan akan sangat beresiko ke depannya mengingat performa yang ada bisa jadi tidak akan berlangsung lama dan begitu pula halnya dengan komponen lainnya yang dapat mencegah overheating bisa sewaktu-waktu bermasalah.

apple GPU own social media

Lalu menanggapi ketiadaaan jaminan dari pihak Apple untuk tidak akan melanggar hak paten, kekayaan intelektual dan kerahasiaan informasi yang ada setelah putus kerja sama, maka dalam waktu dekat kabarnya Imagination Technologies akan segera menempuh jalur hukum untuk menyelesaikanan permasalahan tersebut. Namun berhubung sebagian besar pemasukan Imagination Technologies selama ini bergantung pada penjualan chipnya dengan Apple, maka kabarnya saham go public perusahaan Imagination Technologies tampaknya langsung terjun bebas, bahkan turun hingga 60-70 persen dalam beberapa jam terakhir saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here