Ilustrasi (Kredit: Forbes)

Para raksasa teknologi dunia kini berlomba-lomba menghadirkan layanan berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Salah satunya adalah Apple dengan asisten digitalnya yang bernama Siri. Baru-baru ini Apple diberitakan telah mengakuisisi sebuah startup yang berbasis di Inggris, seperti yang dilaporkan Business Insider.

Ilustrasi (Kredit: Forbes)
Ilustrasi (Kredit: Forbes)

Apple mengakuisisi perusahaan VocallQ bertujuan agar layanan Siri dapat meningkat. VocallQ sendiri merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan software kecerdasan buatan atau AI untuk pengolahan bahasa alami. Dengan teknologi yang dimiliki oleh VocallQ, maka Siri kedepannya akan dapat lebih mengenali bahasa alami manusia secara lebih baik.

VocallQ memang sejak awal telah memfokuskan diri pada pengembangan software pengolahan bahasa alami, berarti produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memudahkan sebuah perangkat komputer maupun perangkat mobile untuk dapat mengenali pembicaraan penggunanya layaknya sesama manusia.

Semakin sering Anda menggunakan aplikasi ini, maka kecerdasan pada aplikasi tersebut akan semakin pintar karena merekam riwayat-riwayat percakapan. Siri juga akan mengenali diri Anda lebih ketika Siri sering Anda gunakan. Percakapan dengan Siri pada waktu sebelumnya merupakan proses belajar yang kedepannya dijadikan sebagai sumber informasi baru.

Dengan mengakuisisi VocallQ, Siri siap bersaing adu kecerdasan dengan para rivalnya, yakni Google Now dan Cortana. Semakin cerdasnya layanan asisten digital semacam Siri, tentunya semakin mempermudah aktivitas manusia sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here