(Kredit: Inc)

Beberapa waktu lalu sempat muncul rumor yang mengatakan Apple bakal dirikan fasilitas Research & Development (R&D) di Indonesia. Namun karena belum adamya pihak yang dapat dimintai keterangan, rencana itupun masih dipertanyakan terlebih pemerintah Indonesia juga belum memberi keterangan seputar rumor tersebut.

(Kredit: Inc)
(Kredit: Inc)

Seperti yang diwartakan Liputan6, Senin (19/10/2015), Untuk menanggapi pemberitaan tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, memastikan bahwa pemberitaan Apple Inc bakal mendirikan fasilitas R&D di Indonesia memang benar.

Rudiantara mengatakan, Apple ingin mendirikan fasilitas R&D di Indonesia, namun dengan konsep yang serupa dengan negara Brasil.¬†“Rencananya ingin adopsi seperti (R&D) Brasil,” ungkap Rudiantara pada sebuah wawancara. Namun sayangnya, saat ditanya detail dari rencana tersebut, Rudiantara belum mengetahui detail dari rencana tersebut.

Hingga saat ini, belum diketahui dengan jelas apa tujuan Apple membangun fasilitas penelitian dan pengembangan di Indonesia. Sedangkan pada topik lain, Presiden RI, Joko Widodo bakal segera bertamu ke Silicon Valley dengan salah satu agendanya menghadiri jamuan makan malam dengan CEO Apple, Tim Cook.

Pada pertemuannya dengan CEO Apple, Presiden Jokowi akan membahas tentang rencana investasi Apple pada bidang pertambangan di Indonesia, khususnya pertambangan timah. Seperti yang telah kita ketahui, banyak produk Apple yang menandalkan bahan timah pada perangkat-perangkat buatan mereka. Sedangkan Indonesia merupakan eksportir timah terbesar di dunia, dengan kepulauan Bangka Belitung sebagai pusatnya.

(RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here