Sementara perusahaan lain seperti Google dan Microsoft lebih giat meluncurkan aplikasi miliknya ke platform lain, berbeda dengan Apple yang lebih sering menyediakan aplikasinya eksklusif untuk perangakat iOS saja. Namun sifat tertutup Apple nampaknya akan segera berubah, pasalnya perusahaan asal Cupertino itu bakal menghadirkan aplikasinya secara lintas platform.

ipad-mini-retina-review-appstore-640x492

Berbicara pada rapat pertemuan wali kota, CEO Apple, Tim Cook tidak menampik bahwa perusahaan akan meluncurkan aplikasi lintas platform yang lebih banyak lagi. Terlebih lagi saat ini Apple juga sudah memiliki aplikasi untuk platform Android, seperti aplikasi Apple Music dan aplikasi yang dapat mempermudah migrasi pengguna Android ke iOS.

Walaupun Cook saat ini tidaklah mengungkap aplikasi seperti apa yang nantinya dapat juga beroperasi di platform lain, beberapa pihak memprediksi aplikasi seperti iCloud, Apple Pay, dan aplikasi produktivitas milik Apple lainnya yang akan didahulukan tersedia di platform lain seperti platform Android yang memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia.

Selain itu, layanan pemetaan seperti Apple Maps juga kabarnya bakal melintas di platform lain, namun dirasa akan sulit mengigat Google Maps menjadi Favorit banyak orang, bahkan untuk pengguna iOS sekalipun. Kabar ini juga menarik untuk dinanti, pasalnya layanan iMessage juga dilaporkan bakal menyambangi platform lain. Jika memang benar, iMessage akan menjadi alternatif baru bagi pengguna WhatsApp, BBM, Line, dan lain-lain yang sudah tersedia secara lintas platform.

Tentu saja ini masih menjadi sebuah spekulasi belaka, namun jika memang benar maka hal tersebut patut diantisipasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here