Ilustrasi (Kredit: Ubergizmo)

Pada bulan September tahun lalu, Apple telah meluncurkan duo iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dan ditahun 2016 ini, iPhone 7 disinyalir akan mendarat di pasar smartphone. Sebagai flagship selanjutnya, Apple dilaporkan akan bereksperimen dengan teknologi wireless data yang berbasis cahaya, LiFi di iPhone 7.

Ilustrasi (Kredit: Ubergizmo)
Ilustrasi (Kredit: Ubergizmo)

Sebagaimana dilaporkan Tech Radar, Selasa (19/1/2016), informasi ini pertama kali ditemukan oleh pengguna Twitter bernama Chase Fromm, di mana ia menemukan coding dalam versi terbaru iOS 9.1 firmware menyebutkan adanya dukungan kemampuan LiFi.

Teknologi alternatif selain WiFi yang lebih cepat berbasis cahaya ini diciptakan oleh Professor Harald Hass dari University of Edinburgh, dan teknologi ini memiliki transfer data melalui spektrum visual bukan melalui gelombang radio seperti jaringan nirkabel yang ada saat ini.

Pada akhir tahun lalu, sebuah startup telah mengembangkan lampu pintar LiFi LED, dan selama pengujian teknologi tersebut, lampu pintar itu mampu mengirimkan data melalui spektrum visual sampai dengan kecepatan 1Gbps. Dengan akses secepat ini, kita dapat mengunduh film berkualitas HD hanya dalam hitungan detik.

Meski teknologi LiFi diklaim sebagai wireless super cepat, namun teknologi ini masih dalam tahap percobaan, sehingga dimasukkannya coding Apple di iOS 9.1 mungkin berakhir menjadi percobaan sederhana, untuk membuat sebuah perangkat yang kompatibel dengan teknologi itu. Selain itu, percobaan teknologi ini tak akan berhenti pada perangkat iPhone 7 saja.

Baca juga artikel kami tentang teknologi LiFi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here