Beberapa hari lalu kita dikejutkan dari aplikasi di perangkat Apple yang terindikasi disisipi oleh malware berbahaya, kini kabarnya Apple tengah melakukan tindakan berupa bersih-bersih applikasi yang terindikasi disisipi malware dari App Store.

appstore

Dilansir dari Gizmodo, Senin (21/9/2015), salah satu aplikasi chatting terkenal asal Tiongkok, WeChat juga ikut terjangkit malware berbahaya ini. Menurut kabar yang beredar, para hacker ini menggunakan sebuah pengembang aplikasi bernama Xcode dari Apple yang telah dimodifikasi. Hasil modifikasi yang telah disisipi dengan kode jahat tersebut dijuluki XcodeGhost, yang bisa mendapatkan informasi dari sebuah aplikasi meskipun dari pengembang yang terkenal.

Para peniliti dari Tiongkok mengatakan bahwa saat ini sudah terdapat sekitar 344 aplikasi yang disisipi oleh XcodeGhost, dan kebanyakan aplikasi tersebut adalah aplikasi yang berasal dari Tiongkok, seperti WeChat.

Masih belum diketahui secara pasti bagaimana bisa aplikasi sejenis WeChat ini menggunakan pengembang aplikasi yang sudah dimodifikasi. Namun dikatakan bahwa server Apple di Tiongkok sendiri sangat lambat, sehingga membuat para pengembang asal Negeri Tirai Bambu ini mencari alamat lain (mirror) yang disinyalir memiliki koneksi yang lebih cepat. Terlebih Xcode tersebut diunggah di situs berbagi di Tiongkok, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Xcode tersebut sudah dicampuri oleh tangan-tangan para hacker yang hendak mendapatkan informasi dari aplikasi yang menggunakan Xcode hasil dimodifikasi alias XcodeGhost.

Pihak Apple sendiri menghimbau kepada para developer untuk tidak mengunduh semua jenis pengembang aplikasi Xcode dari situs manapun, kecuali dari situs resmi Apple sendiri.

(ND/Gizmodo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here