paten-apple-layar-3d

Perkembangan inovasi perusahaan sekelas Apple yang telah mewujudkan ide-ide brilian, sangatlah menarik untuk diikuti. Salah satunya kali ini, Apple telah mengajukan paten berupa sebuah layar perangkat yang bisa menonjol dan bergelombang.

Bila kita lihat dari konsep gambar di atas, Apple mencontohkan bentuk nyata U.S. Patent No. 9,600,070 bertajuk “User interface having changeable topography” ini dengan sebuah tombol navigasi dan kalkulator. Sebuah tombol penting di satu bidang layar bisa terlihat lebih menonjol agar kita bisa memperkirakan letaknya. Misalnya tombol OK dan Cancel, serta angka-angka di kalkulator.

konsep-paten-layar-timbul-apple

Sedangkan gambar di bawah ini, memperlihatkan bagaimana sebuah layar bisa lebih menonjol. Ternyata, dengan dipasang sebuah aktuator, layar akan terdorong keluar. Kita bisa menekan “layar timbul” tersebut seperti biasa untuk mengarahkan navigasi perangkat.

Ini merupakan paten yang terlihat keren! Yang pasti paten ini bisa diterapkan di semua jenis layar perangkat seperti smartphone, laptop, AppleWatch, bahkan gadget Smarthome. Tapi….

Tapi tentu saja masih belum bisa diraba apa sebenarnya tujuan paling utama dari paten ini. Bisa agar pengguna tidak perlu melihat layar sebab sudah bisa terasa, bisa juga untuk memberikan perbedaan di grafis atau chart, atau untuk merasakan pattern seperti kain, batu, dan permukaan benda lewat layar.

Bagaimana pendapat sahabat? Menurut bayanganmu, kira-kira paten ini bisa melakukan apa saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here