Banyak orang yang menganggap bahwa iPad Mini milik Apple dijual dengan harga yang terlalu mahal. Dengan banderol 329 USD atau sekitar 3.1 juta rupiah, banyak yang berpendapat bahwa konsumen bisa memperoleh tablet Android dengan spesifikasi yang lebih bagus.

Namun, kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan oleh Apple untuk membangun sebuah iPad Mini sehingga harga jualnya terbilang cukup mahal? Untuk pertanyaan yang satu ini, IHS iSuppli memiliki jawabannya.

Dalam sebuah pembongkaran yang baru saja mereka lakukan, IHS iSuppli menyimpulkan bahwa Apple paling tidak membutuhkan biaya 188 USD atau sekitar 1.8 juta rupiah untuk satu unit iPad Mini. Dibandingkan dengan Kindle Fire HD dari Amazon, biaya tersebut 23 USD lebih mahal.

Dari sini juga terlihat bahwa besarnya keuntungan yang diambil oleh Apple dari nilau jual iPad Mini jauh lebih besar dibandingkan Kindle Fire HD dari Amazon.  Jika Apple mengambil keuntungan sebesar 43 persen atau 141 USD, berbanding terbalik dengan Amazon yang mengambil keuntungan hanya 34 USD.

Dari sekian banyak komponen, layar sentuh berukuran 7.9 inci adalah yang paling mahal. Untuk komponen tersebut, Apple harus mengeluarkan uang sebesar 80 USD. Sedangkan yang paling murah adalah komponen modul kamera yang memakan biaya sebesar 11 USD.

(Via Phonearena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here