Beberapa tahun yang lalu Apple telah memperkenalkan bahasa pemrograman bernama Swift yang lebih khusus ditujukan untuk para pengembang aplikasi. Selain itu, Apple juga melihat potensi yang dimiliki oleh anak-anak dalam mengembangkan aplikasi, sehingga Apple memiliki ide untuk membuat Swift Playground yang akan mengajarkan anak-anak bagaimana cara coding.

space cadet

Kini, Apple tampaknya melanjutkan upaya mereka untuk memperkenalkan coding kepada anak, namun sekarang Apple menggandeng Tynker. Bagi yang belum familiar, Tynker merupakan sebuah platform pendidikan STEM yang berbasis di San Francisco, AS.

Kedua perusahaan telah merilis dua aplikasi pemrograman berbasis permainan yang ditujukan terhadap anak-anak dalam upaya untuk membuat pengalaman belajar coding yang menyenangkan. Hal itu datang dalam bentuk Space Cadet dan Dragon Spells. Kabar baiknya bahwa kedua aplikasi tersebut dapat di-download secara gratis.

Menurut keterangan, Space Cadet dan Dragon Spells adalah kursus pengantar yang mengajarkan dasar-dasar pemrograman yang menyenangkan, menarik, dan dengan cara intuitif, melalui 115 level teka-teki coding dan proyek DIY (do-it-yourself). Pada Space Cadet, siswa TK sampai kelas dua SD memecahkan teka-teki dan tantangan pemrograman yang bertema luar angkasa. Dalam Dragon Spells, siswa kelas tiga hingga kelas lima belajar dasar-dasar pemrograman karena mereka melatih naga mereka dan mengumpulkan harta. Dalam kedua kursus itu, siswa belajar melalui cara bermain yang kreatif karena mereka dapat memecahkan teka-teki, membangun proyek-proyek, dan menghidupkan karakter.”

Meskipun kedua aplikasi itu ditujukan untuk anak-anak, namun jika Anda seorang dewasa yang tidak memiliki latar belakang atau pengalaman dalam coding, aplikasi ini juga bisa berguna untuk memahami dasar-dasar bekerja melalui sebuah algoritma untuk sampai pada hasil yang diinginkan. Permainan ini tersedia melalui aplikasi Tynker yang dapat Anda unduh secara gratis dari iTunes App Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here