Sebuah rumor yang cukup menarik datang dari Apple. Perusahaan yang mempunyai platform mobile iOS tersebut kabarnya bakal meluncurkan sebuah aplikasi untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut adalah iTunes dengan tujuan agar tidak kalah bersaing dengan aplikasi serupa seperti Spotify ataupun Beats Music.

itunes android

Kemunculan rumor peluncuran iTunes di Android tersebut menguat setelah tingkat penjualan lagu di iTunes mengalami penurunan. Tingkat download album digital di iTunes mengalami penurunan sebanyak 13 persen dibanding tahun lalu. Tak hanya album, tingkat penjualan track digital juga turun sebesar 11 persen.

Berbeda dengan Apple, layanan streaming seperti Spotify dan Pandora memperoleh peningkatan sebesar 39 persen dibandingkan tahun 2012. Kedua perusahaan tersebut dikabarkan berhasil meraup pendapatan sebesar 1,4 miliar USD dari langganan, iklan serta pendapatan lisensi di Amerika Serikat.

Semasa hidupnya, Steve Jobs pun pernah mengungkapkan minatnya untuk merilis iTunes ke Android. Namun pada saat itu, dia berpendapat kalau mereka tidak akan mendapatan keuntungan dengan meluncurkan aplikasi ke Android, namun bisa memberikan kepuasan bagi para pengguna perangkat Android. “Dan saya tida ingin membuat pengguna Android senang,” ujarnya kala itu.

via Phonearena