Sepertinya Apple sedang keteteran dengan sistem operasi mobile terbaru miliknya, iOS 9. Belum lama merilis iOS 9.1 yang juga masih mendapatkan banyak kritikan karena dinilai masih memiliki beberapa bug, kini Apple merilis iOS 9.2 versi beta dengan membawa perbaikan pada browser Safari.

ios-9-logo1

Update yang dirilis Apple kali ini menandai unggulan versi beta pertama dari iOS versi sebelumnya. Pembaruan ini beberapa hari lalu hanya ditujukan untuk para developer untuk membangun aplikasi mobile iOS, dan kini sudah tersedia bagi semua orang yang telah mendaftar program beta Apple.

Memang jika dilihat sepintas tidak ada perubahan yang signifikan pada iOS 9.2 beta ini, Apple hanya menambahakan beberapa tweak atau pengingkatan performa agar perangkat dapat bekerja lebih optimal. Selain itu ditambahkan juga software Xcode yang ditujukan kepada para pengembang untuk membuat aplikasi mobile iOS.

Perbaikan pada Safari meliputi penambahan¬†“Action Extensions” yang akan didukung dalam browser Safari di perangkat iDevice. Ekstensi ini dirancang bertujuan agar aplikasi pihak ketiga dapat menghubungkan ke browser Safari. Hal ini juga berarti pengguna akan mendapatkan aplikasi seperti¬†1Password auto fill pada browser Safari Anda, sehingga untuk login pada form tertentu akan menjadi semakin lebih mudah.

Selain itu, jika Anda menekan tombol reload / refresh pada browser Safari, maka nantinya Anda akan disuguhkan dua pilihan, yakni reload dengan laman secara normal atau reload laman tanpa content blocker yang mungkin telah Anda pasang sebelumnya.

Sejauh ini, belum ada informasi yang pasti terkait tentang kapan peluncuran iOS 9.2 versi finalnya. Mengingat iOS 9.1 bersama dengan semua emoji baru belum lama dirilis, kemungkinan versi final dari iOS 9.2 akan dirilis dalam hitungan bulan.

(RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here