Hubungan antara Apple dan Samsung dipastikan bakal kian dekat. Sempat renggang gara-gara permasalahan hak paten, Apple ternyata masih terus menggunakan jasa Samsung sebagai pemasok komponen produk iPhone miliknya. Bahkan untuk iPhone 6s yang kemungkinan rilis pada kuartal ketiga tahun ini, Apple memilih Samsung ketimbang TSMC.

Menurut laporan yang ditulis Recode, penggunaan teknologi processing 14nm FinFET menjadi alasan utama kenapa Apple memilih Samsung. TSMC disebutkan masih berkutat dengan teknologi proses 20nm, meski saat ini perusahaan yang berbasis di Taiwan itu tengah berusaha untuk melakukan perubahan.

apple a9

Chip prosesor iPhone 6s diperkirakan adalah A9. Dan dengan penggunaan teknologi proses 14nm, chip tersebut bakal mempunyai desain yang lebih tipis plus punya efisiensi power yang tinggi. Jadi, tidak mengherankan kalau Apple lebih memilih Samsung dibandingkan TSMC.

Meski begitu, TSMC nampaknya belum berhenti berusaha. Mereka pun dikabarkan berusaha untuk menarik perhatian Apple untuk produksi chip A10 untuk iPhone 7. Mereka pun menyiapkan teknologi proses 16nm dan bahkan diperkirakan bakal bisa memakai teknologi proses 10nm pada tahun 2017.

via Recode

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here