Setiap peluncuran iPhone oleh Apple, perhatian dunia pun seolah teralih ke perangkat baru tersebut. Dari mulai antrean yang panjang hingga biaya produksi yang dikeluarkan oleh Apple untuk membuat smartphone tersebut. Dan menurut IHS, Apple ternyata hanya mengeluarkan biaya 199 USD untuk konstruksi iPhone 5S. Sementara untuk iPhone 5C, hanya butuh biaya sebesar 173 USD.

Untuk membangun iPhone 5S versi 16GB, Apple menghabiskan biaya sebesar 191 uSD. Sementara untuk versi 64GB, biaya yang dibutuhkan adalah sebesar 64GB. Jika ditambah dengan biaya perakitan 8 USD per unit, maka total biaya produksi iPhone 5S berkisar 199 USD dan 218 USD. Sementara itu iPhone 5C, iHS menemukan bahwa biaya komponen ditambah biaya produksi berkisar antara 173 USD hingga 183 USD, termasuk biaya perakitan sebesar 7 USD per unit.

Sebagai perbandingan, IHS yang juga melakukan pembongkaran iPhone 5 pada tahun lalu mengungkapkan bahwa smartphone tersebut membutuhkan biaya sebesar 205 USD. Analis IHS, Andrew Rassweiler mengatakan bahwa kedua smartphone tersebut, iPhone 5 dan iPhone 5S, merupakan dua handphone yang sama. Bedanya, iPhone 5S hadir dengan sensor sidik jari, prosesor A7 serta chip memori baru yang lebih hemat energi. “Lebih dari itu, keduanya sama,” ujar Rassweiler seperti dikutip dari AllthingsD.

Sebagai tambahan, CEO Apple Tim Cook memang pernah mengungkapkan bahwa mereka tidak menghadirkan perangkat murah. “Tujuan utama kami adalah menjual handphone canggih dan menyediakan pengalaman yang menarik serta kami mencari cara untuk menekan biayanya serendah mungkin,” ujar Cook dikutip dari Slashgear.

via AllthingsD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here