Apa itu iCloud? Apple hari ini memperkenalkan layanan platform baru berbasis cloud, yang disebut iCloud. Layanan baru ini dirancang untuk menyimpan semua konten Anda seperti musik, foto, aplikasi, kalender, dokumen di penyimpanan iCloud yang disimpan di server secara online milik Apple. ICloud juga akan dapat melakukan sinkronisasi nirkabel/wireless, tanpa intervensi dari pengguna. Layanan iCloud akan terus melakukan sinkronisasi semua kontak, kalender, surat, foto, dan musik  dengan beberapa perangkat. App Store akan menampilkan semua pembelian yang telah Anda buat pada salah satu perangkat Anda. Anda dapat dengan mudah men-download aplikasi ke perangkat yang tidak memilikinya dengan browsing history. pembelian baru dari iBooks dan iTunes secara otomatis akan didownload ke semua perangkat yang disinkronisasikan dengan account Apple yang sama  .

Wireless backup juga terintegrasi dengan iCloud. Sekali sehari, sistem akan secara otomatis melakukan back up data aplikasi, pengaturan perangkat, gambar, musik, aplikasi, dan buku-buku melalui Wi-Fi.

Aplikasi iWork baru (Pages, Keynote, dan Bilangan) juga terintegrasi dengan iCloud. Ketika sebuah dokumen baru dibuat dalam salah satu aplikasi, maka secara otomatis akan tersedia pada semua perangkat IOS dengan account yang disinkronkan. Dokumen itu sendiri disimpan di awan/cloud. Pengembang akan dapat mengambil keuntungan dari sinkronisasi iCloud melalui API iCloud yang tersedia. Dokumen akan secara otomatis didorong/dipush ke semua perangkat pengguna.

Komponen foto iCloud disebut Photo Stream. Foto yang diambil pada iPhone atau iPad akan secara otomatis tersedia di iPhoto pada perangkat IOS lain, serta iPhoto pada Mac dan folder Pictures di PC. 1.000 foto terakhir  akan disimpan pada perangkat mobile, sementara Mac atau PC akan memiliki akses ke semua dari mereka. Server akan menyimpan foto selama 30 hari sebelum membersihkan mereka. Pengguna juga dapat mengimpor foto yang telah mereka miliki untuk sinkronisasi.

Komponen iTunes memungkinkan pengguna untuk mengakses salah satu lagu mereka yang telah dibeli setiap saat pada perangkat apapun.   Pembelian berikutnya juga dapat dipush ke semua perangkat pada saat yang sama.

Pengguna akan mendapatkan kapasitas lima GB penyimpanan untuk mail, dokumen dan aplikasi, sedangkan file buku, foto tidak diperhitungkan pada kuota itu jadi lumayan banget deh ukuran 5 GB ini. Layanan iCloud sendiri adalah gratis dan akan datang bersamaan dengan update IOS 5.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here