Belum lama Apple merilis jajaran smartphone terbaru mereka, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, yang mana ditenagai dengan SoC dari mereka sendiri A9. Namun kini beredar sebuah kabar bahwa Apple tengah melakukan ujicoba SoC penerus, A10 yang dirumorkan akan dipasang pada iPhone seri terbaru.

a9

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (23/9/2015), kabarnya perusahaan yang berbasis di Cupertino ini akan menggunakannya pada perangkat terbaru mereka di tahun 2016 mendatang. Dari informasi yang berasal dari situs microblogging asal Negeri Panda, Weibo juga mengatakan bahwa SoC Apple A10 ini akan ditanami 6 inti alias hexa core.

Disebutkan juga bahwa SoC A10 ini akan mengusung fabrikasi antara 14nm atau 10nm. Tentunya dengan fabrikasi ini akan lebih menghemat daya, namun tidak mengurangi performa dari SoC itu sendiri. Tidak hanya itu, kabarnya Apple A10 ini akan berfokus pada proses yang membebani multi prosesor, sehingga diharapkan pada SoC ini, untuk aplikasi yang menggunakan multi prosesor dapat berjalan lebih optimal.

Mungkin masih terlalu awal untuk membicarakan ini, disamping karena Apple baru saja merilis smartphone terbarunya, SoC ini juga masih rumor. Belum ada klarifikasi lebih lanjut dari pihak Apple sendiri mengenai pemberitaan ini.

Namun tidak ada salahnya untuk tetap mengikuti perkembangan dan inovasi apa saja yang akan Apple hadirkan pada perangkat ciptaan mereka selanjutnya.

(ND/GSM Arena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here