Apple Luncurkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan Chipset A11 dan...

Apple Luncurkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan Chipset A11 dan Setup Kamera Baru

Apple telah merilis produk iPhone terbaru miliknya pada acara yang berlangsung tanggal 12 September kemarin. Sementara iPhone X menjadi bintang utama pada acara tersebut, namun kehadiran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga mendapat sorotan karena duo smartphone ini hadir dengan sejumlah perbaikan penting dan beberapa fitur baru yang belum ada pada generasi sebelumnya.

 

Sebagai penerus iPhone 7 dan 7 Plus, duo smartpone terbaru ini sudah tidak lagi mengusung desain unibody full-metal, namun sudah menggunakan cover belakang yang terbuat dari kaca. Dengan begitu, iPhone 8 dan 8 Plus bisa mengusung fitur wireless charging seperti iPhone X. Meski bagian depan smartphone ini masih terlihat mirip dengan pendahulunya, namun Apple telah menggunakan kaca bagian depan yang diklaim sebagai kaca terkuat untuk smartphone serta frame yang terbuat dari aluminium seri 7000 yang terkenal kuat.

Duo smartphone ini juga hadir dengan chipset terbaru, yakni Apple A11 Bionic yang menawarkan peningkatakan performa berkat konfigurasi prosesor hexa-core. Chip A11 Bionic memiliki dua core bertenaga tinggi yang menawarkan performa 25% lebih cepat daripada chip A10 Fusion. Untuk empat core lainnya adalah core dengan daya yang efisien dan 70% lebih cepat dari dua core daya rendah pada chip A10 Fusion. Untuk GPU pada chip A11 juga menjanjikan peningkatan performa hingga 30%.

Apple iPhone 8 memiliki layar 4,7 inci, sementara versi Plus memiliki layar 5,5 inci. Anda juga masih mendapatkan fitur 3D Touch, Cinema Wide Color Gamut dan True Tone. Kedua ponsel ini juga masih mempertahankan fitur tahan air dan debu.

Meski resolusi kamera iPhone 8 masih tetap sama 12MP, namun Apple mengklaim kamera pada iPhone 8 hadir dengan sensor kamera baru. Sensor baru ini dikatakan membawa peningkatan ISP yang lebih baik. Sementara peran dari chip A11 Bionic mampu memberikan kecepatan menangkap fokus meski di kondisi minim cahaya, meningkatkan ketajaman, dan meminimalkan noise.

Hal yang lebih mengagumkan lagi adalah fakta bahwa kamera duo iPhone 8 dan 8 Plus mampu merekam video 4K pada 60fps. Sementara untuk merekam video Full HD 1080p dapat mencapai 240fps. Tentu ini peningkatan yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

 

Sementara dual-kamera pada duo iPhone 8 Plus terdiri dari 12MP dengan aperture f/1.8 dan lensa tele 12MP dengan aperture f/2.8. Lensa tele pada iPhone 8 Plus memiliki fitur baru yang disebut Potrait Lighting. Cara kerjanya, setup dual-kamera akan menangkap gambar, kemudian mengidentifikasi subjek wajah yang secara langsung akan membuatnya lebih baik. Bahkan Anda masih bisa menyesuaikan efek setelah Anda mengambil foto.

Apple iPhone 8 dan iPhone 8 Plus akan memasuki masa pre-order pada tanggal 15 September dan akan dijual pada tanggal 22 September. Untuk konfigurasi memorinya dimulai dari 64GB hingga 256GB, dimana untuk iPhone 8 harga termurah dimulai pada $699 (Rp9,2 jutaan) dan harga termurah iPhone 8 Plus dimulai pada $799 (Rp10 jutaan). Terdapat tiga pilihan warna, termasuk Silver, Space Gray, dan New Gold.

NO COMMENTS

Leave a Reply