Apple sekitar sebulan lalu telah merilis versi beta dari sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat smartphone mereka, iOS 10.1. Apple pun membawa beberapa peningkatan dan perbaikan pada sistem operasi tersebut, yang mana akhirnya kini sudah resmi diluncurkan versi final-nya.

iphone7-plus-00

Salah satu yang paling menarik pada iOS 10.1 ini adalah adanya tambahan mode Potrait pada aplikasi Camera, untuk perangkat iPhone 7 Plus. Fitur ini pun memanfaatkan dua lensa kamera yang terdapat pada perangkat iPhone 7 Plus, sehingga dapat menghasilkan foto dengan background atau latar yang blur alias bokeh, seperti hasil jepretan kamera DSLR.

Namun yang perlu diketahui adalah mode Potrait ini masih dalam tahap pengembangan. Apple sendiri tidak menampik bahwa mode Potrait ini masih dalam tahap beta, sehingga masih ada beberapa bug dalam penggunaannya.

Mode Potrait pada iPhone 7 Plus (Gambar: 9to5Mac)
Mode Potrait pada iPhone 7 Plus (Gambar: 9to5Mac)

Tidak seperti menggunakan aplikasi pengolah foto untuk menciptakan efek bokeh, pada mode Potrait ini pengguna tidak bisa mengolah secara manual seperti apa hasil blur atau bokeh-nya. Sehingga disarankan untuk terus bereksperimen agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu Apple juga membawa beberapa perbaikan dan tambahan pada aplikasi andalan mereka. Seperti pada aplikasi Maps, Apple menambahkan informasi seputar transportasi, terutama di kota besar Jepang. Kemudian ada juga perbaikan bug pada aplikasi iMessage dan peningkatan kinerja Bluetooth. Bagi yang ingin memperbarui perangkatnya ke versi 10.1 ini bisa langsung melalui iTunes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here