Sebagai iPhone generasi keempat, iPhone 4 memang masih memiliki keunikan dan masih banyak pengguna yang menggunakan smartphone tua ini. Namun Apple tengah mempersiapkan perubahan dan perusahaan akan “memusiumkan” perangkat ini dengan memasukannya ke daftar produk jadul dan usang.

iphone-4-top-new-1

Sebuah laporan dari situs Mac Otakara menunjukkan bahwa iPhone 4 akan ditempatkan ke daftar produk jadul bersama dengan produk yang terakhir masuk daftar ini, yaitu MacBook Air 13 inci tahun 2010, generasi ketiga AirPort Extreme, dan AirPort Time Capsule pertengahan 2009.

Sumber tersebut memang mengacu pada pasar Jepang ketika melaporkan perubahan ini, tapi karena Jepang termasuk dalam kategori “seluruh dunia” pada daftar produk jadul dan usang Apple, ini jelas akan berdampak perangkat di negara-negara lain juga.

Lalu apa dampak perubahan ini yang akan dirasakan oleh pemilik iPhone 4? Pada dasarnya, ini berarti bahwa perangkat tidak akan lagi menerima perbaikan di toko-toko Apple dan di mitra, kecuali beberapa negara dimana perusahaan dipaksa untuk menawarkan dukungan karena peraturan setiap daerah yang berbeda.

Menurut Apple, produk yang masuk daftar vintage atau jadul merupakan produk yang lebih dari 5 tahun dan kurang dari 7 tahun yang lalu. Selain itu, produk yang dianggap usang adalah mereka yang dihentikan lebih dari 7 tahun yang lalu.

“Apple telah menghentikan semua layanan hardware untuk produk usang tanpa pengecualian. penyedia layanan tidak dapat memesan suku cadang untuk produk usang, ” menurut penjelasan perusahaan.

iPhone 4 adalah salah satu model iPhone yang paling indah yang pernah dirilis oleh perusahaan, dan smartphone tersebut datang dengan layar 3,5 inci, prosesor Apple A4, dan 512 MB RAM. Smartphone ini memiliki kamera utama 5MP dan kamera depan VGA. Hanya tiga pilihan penyimpanan yang ditawarkan, yaitu 8, 16, dan 32 GB, dan itu yang menjalankan iOS 4 pada saat meluncur.

Perangkat diluncurkan pada bulan Juni 2010 dan tidak lagi didukung oleh iOS sejak rilis iOS versi 7.1.1 pada bulan April tahun 2014 karena hardware yang diusungnya tidak memenuhi persyaratan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here