Pabrikan pemasok produk Apple, Foxconn dikabarkan dekat dengan tinta kesepakatan dengan pemerintah India untuk mendapatkan lampu hijau atas rencana untuk mendirikan pabrik khusus untuk produk Apple di India. Hal tersebut memang sebelumnya sempat terdengar, namun laporan kali ini mengisyaratkan rencana tersebut segera terealisasi.
Foxconn apple
Sebuah laporan dari media lokal India, Economic Times of India melaporkan bahwa Foxconn saat ini sudah dekat dengan penandatanganan akta sebidang tanah yang luasnya sekitar 1.200 hektar di Maharashtra, India. Di atas bidang tanah tersebut, nantinya akan dibangun pabrik pembuatan produk Apple senilai USD10 miliar untuk melayani permintaan akan produk Apple.

Laporan tersebut juga mengatakan jika pembangunan pabrik tersebut akan memakan waktu sekitar 18 bulan pengerjaan sebelum semua fasilitas pabrik dapat beroperasional.

Kini laporan terbaru datang setelah satu tahun Menteri Perindustrian Maharashtra Subhash Desai membeberkan rincian tentang rencana yang menyebutkan Foxconn tertarik pada wilayah itu. Kala itu, produsen perangkat elektronik terbesar di Asia itu telah mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk membangun pabrik pembuatan iPhone di India sebagai bagian dari strategi yang lebih luas untuk diversifikasi tenaga kerja di luar China.

Di tengah kekhawatiran atas perlambatan penjualan iPhone, Apple memilih meningkat fokus pada pertumbuhan pasar seperti China, India dan Amerika Selatan. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, CEO Apple Tim Cook mengatakan India memiliki potensi besar untuk iPhone dan produk Apple lainnya, hal ini terbukti ketika peluncuran teknologi LTE dan populasi konsumen dibawah usia 25 yang sangat besar.

Selain itu, Apple juga dikabarkan akan segera membuka Apple Store di India yang akan memberikan pelayanan yang mudah bagi calon pembeli karena dilayani langsung oleh pihak pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here