Archos 50e Helium (kiri) dan Archos 50e Cesium (kanan)

Seakan tak ada habisnya, merek baru bermunculan untuk ikut meramaikan persaingan pasar smartphone. Kali ini datang dari merek yang berbasis di Perancis, Archos. Mungkin sebagian dari kita tidak pernah mendengar merek ini. Namun kali ini, Archos akan unjuk gigi produk-produknya di pameran IFA 2015, yang berlangsung di Berlin, Jerman, dari 4 September mendatang.

Smartphone pertama yang akan dipamerkan adalah Archos Diamond S. Seri Diamond S ini ditanami layar Super AMOLED seluas 5 inci dengan resolusi HD 1280×720 yang akan memanjakan mata saat menatap layar smartphone ini. Selain itu, terdapat prosesor octa-core dengan  kecepatan 1.5GHz dari Mediatek MT6753, yang digunakan untuk memacu performa dari smartphone ini. Selain itu, juga dukungan RAM sebesar 2GB akan membuat aktifitas multitasking bukan masalah untuk smartphone ini.

Archos Diamond S
Archos Diamond S

Berpindah ke sektor fotografi, Diamond S ini dilengkapi dengan kamera sebesar 16MP untuk kamera belakang beserta lampu flash, dan 8MP untuk kamera depan. Bicara masalah kapasitas penyimpanan, Archos Diamond S disediakan ROM sebesar 16GB dan dapat ditambah dengan kartu memori microSD hingga 32GB. Baterai yang dipasang pada Diamond S ini sebesar 2.300mAh dan sudah mengusung Android versi 5.1 Lollipop.

Archos 50e Helium (kiri) dan Archos 50e Cesium (kanan)
Archos 50e Helium (kiri) dan Archos 50e Cesium (kanan)

Kemudian membahas seri 50e Helium, smartphone ini memiliki spesifikasi di bawah Diamond S. Seperti layar LCD IPS seluas 5 inci dengan resolusi HD, prosesor quad-core dari Qualcomm Snapdragon 210 dengan kecepatan 1.1GHz. Selain itu juga ditanam RAM sebesar 1GB, kapasitas penyimpanan sebesar 8GB yang dapat ditambah dengan microSD hingga 32GB, serta kamera belakang sebesar 8MP dan 2MP untuk kamera depan. Tidak ketinggalan juga smartphone ini menggunakan baterai berukuran 2.100 mAh.

Untuk sistem operasi yang digunakan, Archos menyediakan 2 varian untuk seri 50e ini. Yang pertama seri 50e Helium yang menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop, dan seri 50e Cesium yang berbasis Windows 10. Untuk spesifikasi keduanya tidak jauh berbeda, hanya dari segi sistem operasi yang menjadikan pembedanya.

Archos meluncurkan 3 smartphone di atas yang ditujukan untuk kelas mid-end. Untuk harganya, Archos Diamond S ini akan dibanderol dengan harga 159.99 Poundsterling atau setara dengan 3.5 juta Rupiah. Sedangkan untuk seri 50e Helium dan 50e Cesium, keduanya diberi label harga sebesar 99.99 Poundsterling atau sekitar 2.3 juta Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here