Bicara soal asisten digital, Cortana merupakan salah satu layanan yang cukup bagus untuk bersaing dengan asisten digital lainnya. Jika sebelumnya Cortana hanya tersedia di platform Windows, kini layanan tersebut sudah menjadi aplikasi cross platform. Kabar baiknya bagi Anda pengguna Cortana, bahwa layanan ini sekarang bisa terhubung dengan akun Gmail.

Itu berarti Anda sekarang dapat dengan mudah mengakses hal-hal yang berkaitan dengan Gmail seperti email, kontak, dan data Google Kalender yang lebih penting melalui asisten digital. Seperti yang kita ketahui, Google memiliki ekosistem yang terhubung satu sama lain dalam satu akun Gmail dan dengan dukungan akun Gmail akan memperkaya kemampuan Cortana.

Untuk menyiapkan fitur baru ini, pertama-tama Anda perlu menuju bagian Cortana Notebook dari bilah pencarian Windows 10 Anda. Setelah masuk, gunakan opsiĀ ‘Add a Service’ (di “Connected Services”) untuk menambahkan akun Gmail. Jika sudah, Anda akan diminta masuk ke akun Gmail Anda, dan meminta Anda untuk memberikan aksesĀ Cortana ke informasi Anda. Selain PC, fitur ini juga memungkinkan Anda mengakses beberapa hal seperti info kalender dari perangkat yang ditenagai oleh Cortana seperti Harman Kardon Invoke.

Saat ini fungsi tersebut memang belum berfungsi di perangkat Android dan iOS, namun tentu saja itu harus datang ke dua platform tersebut dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here