Cortana adalah layanan asisten digital milik Microsoft yang memiliki banyak fitur termasuk fitur pengenalan musik. Dengan fitur ini, Anda bisa meminta Cortana untuk mendengarkan lagu dan nantinya Anda akan disuguhkan informasi tentang lagu tersebut, termasuk penyanyi dan judulnya. Sayangnya, kedepannya fitur tersebut tidak akan bisa lagi digunakan akibat dampak dari penutupan layanan lain milik Microsoft.

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka telah menutup layanan Groove Music miliknya yang berimbas pada hilangnya kemampuan pengenalan musik di Cortana. Semua pengguna Musik Groove beralih ke Spotify pada akhir 2017 dan layanan tersebut kemudian ditutup.

Fitur ini bekerja dengan menekan ikon musik di antarmuka Cortana ketika lagu sedang dimainkan, yang kemudian akan mencoba untuk mengidentifikasi lagu dari perpustakaan Groove dan menunjukkan hasil yang relevan.

Namun, sekarang bahwa layanan Groove Music telah ditutup, tidak ada lagi perpustakaan yang tersedia untuk Cortana untuk mencocokkan lagu yang ingin dikenali. Penghapusan fitur ini telah dikonfirmasi oleh John Deakins, yakni seorang insinyur software di tim Cortana. Menurut Deakins, kemampuan pengenalan musik di Cortana juga telah pensiun karena dampak dari penutupan layanan Groove Music.

Dengan hilangnya fitur ini, maka Anda akan menemui pesan bahwa lagu belum dikenali saat mencoba menekan ikon pengenalan musik pada Cortana serta memberitahu Anda bahwa fitur tersebut tidak lagi tersedia. Sayangnya, pengguna Windows 10 tidak memiliki alternatif lain, mengingat layanan Shazam tersingkir dari platform Windows pada bulan Maret lalu. Rasanya juga sulit berharap Shazam bakal kembali ke Windows 10 setelah Apple berhasil mengakuisisi layanan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here