Setelah Asus, MSI dan Gigabyte, tampaknya sekarang giliran produsen ASRock yang kepincut berat untuk memperbaharui BIOS pada jajaran model motherboard 200 series unggulannya dengan kehebatan dukungan teknologi memori Intel Optane.

asrock intel optane support
Optane adalah nama pemasaran untuk teknologi XPoint 3D yang dikembangkan bersama oleh Intel dan Micron untuk menciptakan kategori “memori kelas penyimpanan” yang baru. Teknologi ini  berfungsi sebagai semacam jembatan antara NAND dan DRAM yang membuat akses hardisk menjadi lebih cepat dan lebih responsif  serta sistem berperforma lebih baik lagi.

Keberadaan teknologi XPoint 3D sendiri diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 2015, namun produk pertama yang berbasis pada teknologi terbaru tersebut pun mulai menyambangi pasaran. Saat ini telah ada modul Intel Optane Memory yang hadir dalam kapasitas 16GB dan 32GB, untuk meningkatkan kinerja sistem tanpa merusak bank memori.

Adapun yang harus dipersiapkan untuk menjajal kehebatan dukungan teknologi optane ini yaitu ketersediaan motherboard Asus 200 Series, processor 7th Generation Intel Core (Kaby Lake) , dan modul Memory Optane.

Sementara bagi yang memiliki model motherboard 200 series dan berhasrat mencoba, bisa langsung mendownload pembaharuan BIOS dan mengaktifkan dukungan Optane dengan sekali klik melalui App Store ASRock-nya. Pembaruan tersedia untuk beberapa rangkaian produk di chipset B250, H270, dan Z270. Sedangkan perihal daftar lengkap motherboard 200 Series mana saja  yang kompatibel dengan dukungan teknologi Intel Optane tersebut bisa langsung menemukannya melalui situs web resmi ASRock.

asrock intel optane support 02

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here