Walaupun netbook tidak sepopular tahun lalu, tetapi netbook tampaknya tidak akan menghilang dari pasaran IT terutama sekarang disaat dukungan ASUS terhadap sistem operasi tertentu kini mulai bercabang.

Setelah pemasaranya sempat meningkat pesat hingga awal 2010, tiba-tiba pemasaran netbook menjadi agak tersendat ketika industri tablet muncul untuk mengambil alih. Dan dampak yang ditimbulkan ternyata benar-benar mengalami penurunan yang signifikan bagi keberadaan netbook di pasaran.

Seumpamanya saja perangkat tablet dilepas ke pasaran seharga 500 USD atau sekitar 4,3 juta rupiah, maka boleh jadi akan menyebabkan harga netbook turun jauh lebih rendah dari pada itu. Dan bahkan untuk  harga ASUS Eee PC X101 yang harganya sudah cukup rendahpun tentunya akan mencapai harga yang paling sangat rendah sehingga tak ada esensinya lagi dengan keberadaan netbook tersebut  jika hal tersebut benar-benar terjadi.

Menurut Digitimes, komputer pribadi mobile atau yang lebih dikenal dengan netbook yang diperuntukkan bagi segmen low-end kabarnya baru akan mulai dipasarkan khususnya oleh Asus pada bulan Juli 2011 mendatang. Untuk netbook berbasis Meego dibandrol seharga 199 USD atau sekitar 1,7 juta rupiah, sedangkan netbook berbasis Windows 7 akan dibandrol antara 310 (sekitar 2,7 juta rupiah) hingga 350 USD (sekitar 3 juta rupiah).

Dari semua model netbook yang ada kabarnya pihak Asus bakal mengasupinya dengan dukungan CPU single core Intel Atom N435 dengan kecepatan clock sebesar 1,33 GHz. Dan terkait hal itu, Selain model CPU ini bakal dipergunakan oleh Asus, kabarnya juga akan diadopsi oleh beberapa produsen lain termasuk Acer, Samsung, Lenovo dan lain-lain.

Namun yang pasti, perangkat ini bukan satu-satunya yang akan dipersiapkan oleh ASUS. dan untuk saat ini, kabarnya sedang mengembangkan sebuah laptop ultra tipis berukuran 13 inci dengan dukungan NVIDIA terbaru. Sedangkan pada sektor industri tablet, kabarnya Asus juga tengah mempersiapkan pengganti dari ASUS Eee Pad Transformer dengan generasi terbarunya yang didukung oleh soC Kal El.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here