Asus Bakal Sematkan Sensor Fingerprint Pada Zenfone 3? (kredit: gsmarena)

Semakin banyaknya vendor smartphone yang mengusung sensor pemindai sidik jari pada smartphone besutan mereka, membuat fitur ini bergeser kelas yang sebelumnya hanya ditemui pada smartphone papan atas. Bahkan menurut para pelaku industri smartphone di Taiwan, pangsa smartphone dengan pemindai sidik jari akan meningkat pada tahun 2016 dari 30% menjadi 50%. Untuk merealisasikannya, para supplier menurunkan harga hingga 5 USD per unit.

Asus Bakal Sematkan Sensor Fingerprint Pada Zenfone 3? (kredit: gsmarena)
Asus Bakal Sematkan Sensor Fingerprint Pada Zenfone 3? (kredit: gsmarena)

Teknologi sensor pemindai sidik jari sebelumnya hanya ditemukan pada smartphone high-end, namun lonjakan produksi komponen tersebut telah menyebabkan penurunan harga tersebut. Hal inilah yang memungkinkan beberapa model smartphone segmen menengah mengusung fitur tersebut ke produk mereka. Salah satu vendor yang dikabarkan mengusung teknologi ini adalah Asus yang bakal menyematkannya pada smartphone Zenfone 3.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena, Minggu (20/12/2015), Asus Zenfone 3 diharapkan akan diumumkan pada bulan Mei atau Juni 2016, hal ini mengacu pada siklus peluncuran Zenfone 2. Model Zenfone sebelumnya tidak menyertakan fitur ini namun pemasok Taiwan mengatakan bahwa Asus bakal menggunakan sensor yang diproduksi oleh Elan Microelectronics dan Goodix yang memiliki kantor pusat di Tiongkok.

Menurut sumber, Asus berharap dapat mengapalkan 30 juta smartphone secara keseluruhan untuk tahun depan, atau naik 50 persen dari 20 juta yang dikirimkan pada tahun 2015 ini. Asus telah mengalami persaingan yang sangat ketat di pasar negara-negara berkembang dengan vendir handset lain yang memiliki basis di Tiongkok, yakni meliputi Huawei, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Vivo, Meizu, Coolpad, ZTE, dan lain-lain.

Pemasok asal Taiwan tersebut juga menyatakan bahwa seri Zenfone telah menjalankan bisnis yang baik di Asia Tenggara, India, Brasil, Rusia, dan Taiwan. Sebanyak 80% dari seri smartphone Zenfone telah menyematkan Chipset buatan Qualcomm dan Intel. Sisanya yang telah dikirim menggunakan chipset besutan MediaTek. Sebelumnya Zenfone 3 juga sempat dirumorkan bakal dilengkapi dengan port USB type-C.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here