You are currently viewing Motherboard Asus Sabertooth Z170 S, Bawa Nuansa Salju di Dalam Perangkat PC

Motherboard Asus Sabertooth Z170 S, Bawa Nuansa Salju di Dalam Perangkat PC

Prosesor Intel generasi ke-6 Intel memang sudah lama diperkenalkan. Dengan membawa fitur baru, Intel juga memutuskan untuk menggunakan soket baru pada prosesor dengan nama Skylake tersebut. Dengan fabrikasi lebih kecil dibanding generasi sebelumnya, yaitu 14nm, membuat prosesor ini memiliki komponen yang lebih padat dan hemat daya.

sabertooth-z170-s-02

Meski sudah lama, banyak vendor yang merilis jajaran motherboard terbaru untuk prosesor Intel ini. Seperti salah satunya adalah Asus, yang baru saja merilis motherboard jajaran Sabertooth Z170 S. Dikutip dari Tom’s Hardware, Sabtu (6/2/2016), diberitakan bahwa motherboard tersebut memiliki nuansa putih salju, seperti musim yang sedang berlangsung di daerah Amerika Serikat sekarang ini.

Bila dilihat sekilas motherboard ini mirip dengan Asus Sabertooth Z170 Mark 1 dalam hal bentuk dan spesifikasinya, namun yang membedakan kedua motherboard ini adalah Asus Sabertooth Z170 S tidak memiliki fitur yang melimpah seperti Asus Sabertooth Z170 Mark 1, tapi motherboard memiliki tema dengan nuansa putih salju dengan balutan warna camo yang nampak gahar.

sabertooth-z170-s-0

Ditujukan untuk kalangan gamer, motherboard ini tetap tidak kalah menarik dengan seniornya, karena tetap tangguh dalam hal overclocking.  Selain itu juga terdapat tiga buah slot PCI-E 3.0 x16, yang dapat disandingkan hingga tiga buah VGA card. Ada 4 slot RAM dengan jenis DDR4, yang mampu berjalan hingga kecepatan 2400/2133MHz.

Untuk penyimpanan, terdapat sebuah slot M.2 Key M yang dapat berjalan pada mode PCI-E x4 atau SATA. Lalu seperti motherboard Z170 lainnya, Asus Sabertooth Z170 S ini terdapat enam buah slot SATA III dan dua buah slot SATA Express.

sabertooth-z170-s-01

Codec audio pada Asus Sabertooth Z170 S ini menggunakan Realtek ALC1150 yang diklaim memiliki 112 dB SNR. Asus juga mengatakan bahwa motherboard ini juga dilengkapi dengan kapasitor papan atas, untuk menghasilkan output suara yang jernih dan memanjakan telinga. Tidak ketinggalan juga ada port Gigabit Ethernet dari Intel i219V.

Saat ini motherboard Asus Sabertooth Z170 S sudah tersedia di pasaran. Soal harganya, Asus mematok harga 219 USD atau sektiar 3 juta Rupiah untuk membawa pulang motherboard ini.

Ingin mengganti motherboard lamamu dengan Asus Sabertooth Z170 S yang sangar dan gagah ini?

(ND)

 

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply