asus tinker board

Perusahaan teknologi besar seperti Asus ternyata tidak pula ketinggalan dalam meluncurkan produk PC mini yang berfungsi untuk membuat perangkat DIY. PC mini mirip Raspberry Pi tersebut bernama Asus Tinker Board.

PC mini Asus Tinker Board ini hadir dengan spesifikasi yang menarik. Di dalamnya, terdapat prosesor Rockchip RK3288 ARM Cortex-17 quad core dengan RAM 2GB, GPU Mali T764, serta slot microSD untuk sarana penyimpanan.

asus tinker board

Menariknya, perangkat ini memiliki dukungan terhadap video 4K. Pun halnya dukungan terhadap Gigabit Ethernet dan audio 192kHz/24-bit. Slebihnya, terdapat dukungan WiFi802.11b/g/n, Bluetooth 4.0, jack ethernet 10/100/1000, empat port USB 2.0, HDMI, serta header 40 pin untuk ekspansi tambahan.

Namun, hal yang tidak kalah penting terkait keberadaan sebuah PC mini seperti Asus Tinker Board ini adalah dukungan software yang diberikan. Banyak pilihan PC mini dengan spesifikasi lebih bagus dari Raspberry Pi, tapi pada akhirnya enggan digunakan oleh para developer. Alasannya, karena dukungan software yang minim.

asus tinker board

Terkait hal ini, Asus mengatakan kalau Tinker Board mendukung Debian Linux. Mereka pun berharap agar dukungan terhadap Debian Linux tersebut bisa menarik perhatian para developer. Terlebih, harga perangkat ini tidak terlalu mahal, berkisar di angka 60 USD atau setara 800 ribu rupiah.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here