You are currently viewing Asus TUF Sabertooth Z170 MARK 1, Motherboard dengan TUF Fortifier Armor

Asus TUF Sabertooth Z170 MARK 1, Motherboard dengan TUF Fortifier Armor

Dalam melengkapi jajaran motherboard untuk prosesor generasi terbaru Intel Skylake, Asus kali ini merilis sebuah motherboard high-end yang siap bersaing dengan merek lainnya.

asustufz170mark1

Motherboard tersebut ialah, Asus TUF Sabertooth Z170 MARK 1 yang mana telah menggunakan soket Z170. Bicara soal fitur, motherboard ini dibekali fitur seperti TUF Thermal Armor dan TUF Fortifier, TUF ICe, TUF Thermal Radar 2, dan TUF Detective 2.

Fitur TUF Thermal Armor dan TUF Fortfier berfungsi sebagai penahan beban pada komponen tambahan yang dipasang pada motherboard ini. Seperti menggunakan kipas pendingin dari pihak ketiga yang rata-rata memiliki berat yang cukup lumaya. Selain itu juga sebagai penopang kartu grafis kelas atas. Dengan adanya fitur tersebut, motherboard ini dapat menahan beban hingga 10 kilogram.

tufz170-00

Bicara fitur yang lain yaitu, TUF ICe, merupakan sebuah komponen dalam bentuk prosesor kecil, yang digunakan untuk memantau suhu pada motherboard, serta kecepatan pada kipas yang terpasang pada motherboard ini. Sehingga, suhu yang ditunjukan tinggi keakuratannya. Untuk fitur Thermal Radar 2 fungsinya hampir sama dengan TUF ICe, hanya saja pada fitur ini kita dapat mengatur kecepatan masing-masing kipas yang terpasang pada motherboard ini. Selain itu, suhu yang dipantau merupakan suhu secara real-time karena adanya sensor tersendiri pada motherboard ini, dilengkapi dengan kabel thermistor. Sedangkan TUF Detective 2 adalah sebuah aplikasi pada Android atau iOS yang disambungkan dengan kabel USB. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mereset atau menyalakan komputer, clear CMOS, bahkan dapat mendeteksi masalah saat motherboard ini tidak dapat berjalan dengan baik.

tufz170-0

Yang menarik dari motherboard ini adalah, Thermal Armor yang terpasang dapat dilepas sesuai dengan keinginan kita. Anda ingin membuatnya tampak gahar dengan Thermal Armor, atau membuatnya nampak minimalis? Tentu bisa.

tufz170-1

Asus TUF Sabertooth Z170 MARK 1 juga sudah menggunakan komponen berlabel TUF Component, yang mana memiliki tingkat daya tahan hingga 10x lipat dibanding dengan komponen biasa. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan USB 3.1 Type-A dan Type C.

Spesifikasi detail

spekz170tuf

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply